Minggu, 07 Oktober 2012

Dear, psychologist. How many people do you help?


Bismillah, hmm….. sebenernya malam ini saya gak berniat untuk bikin note. Memang sih dari kemaren2 sempet ada pikiran pengen bikin note, tapi keinginan tersebut sengaja tidak saya fasilitasi karena masih banyak tugas yang harus saya selesaikan. Kok rasanya egois ya kalo saya malah meluangkan waktu untuk menulis? 

Dududu… Kalo saja kemaren malam saya tidak “diproses” pas bimbingan di kampus, kalo saja tadi setelah sholat maghrib tangisan saya tidak tumpah, mungkin note ini tidak akan pernah tercipta. Tapi yaa lagi2 semua ini atas izin Sang Editor, saya pun jadi merasa ada “keharusan” untuk menge-share apa yg sudah saya alami. Yak, abaikan sejenak laporan de es be itu dari pikiranmu, Ima, hehe…. 

Ehm, balik lagi ke judul yg saya tulis di atas ya. “Dear, psychologist. How many people do you help?”  Hayoo, siapa bisa jawab? Kira2 sudah berapa orang yg (merasa) pernah kita tolong ya? Disini saya lebih memfokuskan latar belakang saya sebagai (calon) psikolog ya, makanya saya tulis “dear, psychologist”. 

Sebagai orang yg pernah dan sedang belajar psikologi, kita mungkin sering berpikir, “Penting lho menolong orang itu. Penting lho memperhatikan mereka dengan penuh empati. Penting lho memberikan solusi kalo orang itu lagi curhat.” Ya sih, pentiing banget. Apalagi kalo sedang dalam masa praktik kerja seperti saya, menolong orang sehingga bisa terlepas dari masalah itu rasanya menjadi sebuah “kewajiban.” Selanjutnya perasaan itu pun mendorong tumbuhnya citra diri sebagai “hero”. “Yak, Anda adalah orang yang berhak ditolong dan saya adalah orang yang akan menyelesaikan masalah Anda,” begitu kira2 pikiran yang sering terlintas ketika kita berhadapan dengan klien. 

Dan terciptalah hirarki antara psikolog dan klien. “Saya ini psikolog lho. Orang yang mengerti berbagai teori, pendekatan, dan intervensi. Jadi, ketika Anda datang kepada saya, saya pasti bisa memberikan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.” Lalu dimulailah adegan demi adegan. Bertemu dengan klien, pikiran mulai bekerja. “Hmm, masalah nih. Kira2 kenapa ya bisa begitu? Kok bisa dia merasa sedemikian jengkel? Apa mungkin suaminya begini ya? Apa mungkin anaknya begini ya?” Mulai deh jiwa suka KEPO-nya tersalurkan. Nanya sana nanya sini. Eh..eh… tapi kok setelah dipikir-pikir masalah ibu ini mirip dengan saya ya? Haduuh, jleb..jleb..jleb…. 

Begitulah, kalo dalam bahasa gaul anak-anak psikologi sih kejadian kayak gitu biasa disebut dengan “resonansi”. Awalnya sih mungkin kita sulit mengenali, tapi setelah dirunut-runut biasanya ada “hal yg bersifat sama” antara kita dengan klien. Oke deh, saya sudah bosan ngomongin resonansi, sekarang saya mau ngomongin tentang cermin aja deh, hehe… 

Cermin? Ya, cermin. Yang biasa kita pake untuk meyakinkan diri kalo kita cakep itu lho, hoho… Emangnya apa yang istimewa dari cermin? Istimewa banget laah… Coba bayangin kalo di dunia ini nggak ada cermin? Mungkin bisa aja kita denger dari orang lain kalo kita ini cakep. Tapi kan rasanya gak puas gitu lho kalo belum melihat buktinya sendiri. Dan seperti itulah kehidupan, eeeiih…  mulai “berat” nih ngomongnya :D. 

Kehidupan bagaikan cermin. Itu pelajaran yang saya ambil dari kejadian kemaren. Pagi tadi, setelah saya pulang dari nginep tempat temen, setelah saya mandi, bersiap2, update status (haha sempet2nya update status), kemudian berangkat ke puskesmas, saya pun berangkat dengan perasaan yang lebih “berwarna”. Rasanya saya siap menghadapi semua kemungkinan yg akan terjadi. Rasanya saya siap diomelin mbak psikolog tentang kebodohan yg sering saya lakukan di puskesmas. Rasanya saya siap dicurhatin klien dengan tetap menunjukkan wajah kebingungan saya. 

Pulang dari puskesmas, dalam perjalanan menuju kos, hingga sampe di kos pun saya masih terus berpikir. “Ya, sekarang saya siap dikatakan ‘bodoh’ oleh siapa pun. Sekarang saya siap dianggap psikolog yang ‘tidak tahu apa2’. Saya pengen lepas dari semua kewajiban itu. Saya pengen lepas dari tanggung jawab saya sebagai ‘penolong’.” 

Nggg, emangnya kenapa, Ima? Bukannya jadi “hero” itu bagus ya? Bagus sih, bagus kalo kita bener-bener paham maknanya. Tapi bagi saya sebutan “hero” itu ternyata menjadi beban. Mungkin selama ini saya tidak sadar. “Oh ya, saya pasti bisa menolong semua orang. Saya pasti bisa membahagiakan banyak orang. Saya pasti bisa dianggap baik oleh semua orang.” 

Andaaai saja setelah maghrib tadi tidak terjadi percakapan antara “diri-diri” saya, mungkin saya tidak akan menyadari bahwa setiap manusia adalah “hero”. Sungguh salah jika saya merasa menjadi orang yang paling bertanggungjawab atas tujuan dan kebahagiaan yang ingin saya capai. Karena keberadaan setiap orang turut menentukan bagaimana saya berproses hingga menjadi seperti sekarang. Ya, selama ini saya terlalu membatasi diri untuk menjadi diri saya. Mungkin emosi yang sering saya kenali cuma dua: baik & baik banget. Jarang banget tuh yang namanya sedih, kecewa, jengkel, apalagi sampe nangis di depan umum. 

Pernah di suatu ketika dulu saya berpikir. Menurut ajaran agama menjadi orang sabar tuh emang baik kan? Berarti sabar bisa membawa kita ke surga? Berarti perasaan sedih, marah, jengkel itu kan nggak penting? Berarti kan hidup itu cukuplah menuju kebahagiaan akhirat..  Dan setelah saya pikir2 lagi, trus apa gunanya Tuhan menciptakan emosi? Trus apa gunanya Tuhan nyiptain kantung air mata? Trus ngapain Tuhan ngajarin kita berdoa untuk mencapai kebahagiaan dunia & akhirat? Ya udahlaah, ini kan dunia. Meskipun dunia & akhirat nggak pernah benar2 terpisah, tetep aja ada hal-hal yg hanya bisa dilakuin di dunia dan ada hal2 yg hanya bisa dilakukan di akhirat. Menurut saya menjadi “manusia biasa” itu nggak dosa kok. Bagaimanapun manusia adalah makhluk spiritual. Sebiasa apapun perilakunya, tetep aja ada nilai spiritualnya. Toh dari tetesan air mata atau suara tertawa seseorang pun kita bisa melihat tanda2 kebesaranNya kan? Siapa yg menggerakkan otot-otot di wajahnya itu kalo bukan Tuhan?

Yuhuu…setelah diamat-amati lebih dalem ternyata kehidupan itu emang luas sekaligus simple lho. Ya seperti cermin itu. Saya jadi nemu filosofi baru. Di sekeliling kita ada cermin yang luas lho. Tau nggak? Cerminnya kadang visible kadang invisible sih, tergantung kondisi hati. Coba perhatikan orang2 yang ada di dekat diri kita sekarang, bisa ayah ibu, bisa temen2 kos, bisa tetangga, bisa penjual makanan, bisa klien yang datang maupun sengaja didatangi,….. Mereka semua adalah cermin lho, temans. Coba amati kenapa orang2 di sekitar kita berperilaku begitu? Karena ya diri kita sedang “pantas” diperlakukan begitu. Kadang bikin seneng, kadang bikin jengkel, tapi itu semuanya memang harus terjadi karena kita sedang diajari untuk melihat “cermin” diri kita secara utuh. 

Berbicara dengan orang lain berarti berbicara dengan cermin. Coba aja tuh kalo ada orang lagi marah-marah terus kita bales pake kata-kata super halus, biasanya orang itu jadi nggak enak kan mau nglanjutin marahnya. Nah, demikianlah hal yang baru saya pelajari. Hmm, baiklah. Mulai sekarang kalo ketemu klien saya akan mengibaratkan berbicara dengan cermin. Saya akan membayangkan lagi ngomong dengan diri saya di depan cermin. Jadi apapun yang diungkapkan klien, itu adalah pantulan dari cermin diri saya. Lalu, masihkah saya perlu berpikir bahwa saya sedang menolong klien tersebut? Hoho.. seharusnya tidak lagi. Saya sedang menolong diri saya. Ketika ada orang “bermasalah” datang, ya berarti diri saya memang “bermasalah”.  Entah dalam hal apa, tapi yang jelas ada bagian dari diri saya yang perlu diselesaikan, atau kalaupun tidak berarti ada bagian dari diri saya yang perlu ditingkatkan kualitasnya untuk lebih baik lagi. 

Indah sekali kehidupan itu ya? Di setiap bagiannya ada cermin. Di setiap bagiannya ada cara untuk memperkaya diri. Di setiap bagiannya ada cara untuk merasa satu bagian dengan makhluk semesta. Di setiap bagiannya ada Tuhan. Di setiap bagian, temans… Ingat itu, di setiap bagian….. Maka, teruslah kita selami keagungan di setiap bagian itu ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar