Minggu, 08 Juli 2012

Hadiah Kehidupan buat yang Termanis ;)


Cause we’re born innocent

Believe me Adia,  we’re still innocent

It’s easy, we’re falter

Does it matter?


Aku suka banget dngn lagu mbak Sarah Mclachlan ini… Suka memutarnya berulang2 smbari nyari inspirasi, hehe…

Lagu yg diprsembahkan mbk Sarah buat temennya ini mngisahkan gmn mnyesalnya si mbak stelah ditinggal temen baiknya. Trus dia nyanyi2 gt deh, nunjukin klo dia mrasa kosong, mncari jati diri & khidupannya, lalala dst.  Untuk tau lbih lnjut, download lagunya saja ya temans, hehe…

Disini aku gak akan mlakukan interpretasi thd lirik lagu sih. Cuma pngen menggarisbawahi kata innocent.  Ya, innocent. Ini kata yg mngandung kesan suci, sakral, bersih, bebas dr kesalahan & dosa.
Hmm…. Mngamati lirik lagu ini membuatku terhenyak. “Wow, innocent? My Goodd…… Keren banget Engkau nyiptain manusia…. “

Dan kata2 slanjutnya, “we’re still innocent”, mmbuatku terpaku. “Eh iya ya? Masak sih sampe skarang kita hidup d dunia ini gak punya dosa? Kita kan sering marah2, kita kan sering boong, kita kan sering males2an, kita kan………”. Trus aku mikir lg,”Yang bilang kita berdosa kan manusia. Tuhan emang prnah gt bilang langsung k kita, ‘Hoii Imaa kamu ini lho dosanya bnyak bnget sih. Kamu ini harusnya jd akhwat yg alim, gak penting itu sikap2 yg sok gaul”. Huahaha….  Asli deh, klo Tuhan yg bilang gt, pasti aku lngsung mati gaya.

Dosa? Itu kan pmikiran (ato mngkin penghakiman) manusia ya? Cara pandang Tuhan, who knows? Tuhan dgn mataNya yg bgitu bening & bersinar pasti punya penilaian yg luar biasa thd manusia.  Soalnya Tuhan bisa mlihat scara tembus pandang jg sih, apa yg ada dlm pikiran & hati manusia yg gak keliatan dr luar. Brbicara tntang dosa jelas bukan kpasitasku ya! Jd sudah biarkan saja Dia yg memikirkan, ehehe….

Siapa tau kita slama ini udah mikir yg enggak2, “Aduh, hidupku ini udah berlumur dosa. Tidak pantas aku hidup d dunia ini lagi. Huhu… “ ato begini “Eeh, dasar ya tu orang gak tau diri. Mulut udah penuh dosa aja masih berani nggosip”. Siapa tau (skali lg ini siapa tau lho ya) smua pnilaian kita atas diri & orang lain itu salah, pdahal Tuhan sbenarnya  msh nganggep kita ini baik & well function sbg manusia.

Krn dosa itu belum jelas maka tdk usah terlalu dipusingkan (looh?).  Ya mngkhawatirkan itu penting jg sih, biar kita lbih berhati2 mnjalani hdup. Tp gak usah trlalu brlebihan biar tdk mmbuat hidup kita mnderita, hoho…

Yg kusukai dgn pkerjaanku sbg calon psikolog adalah (tuntutan) kemampuan untuk “tdk mnghakimi dosa seseorang”, haha….  Kebayang nggak sih klo pas lg di RSJ ktemu pasien bilang gini,”Mbak..mbak… Jngan bilang siapa2 ya? Aku pernah lho mbunuh bapakku, soalnya dia ngomel2 terus sih.” Ato pas di puskesmas ada yg bilang gini,”Mbak..mbak… Aku barusan aborsi lho kmaren. Soalnya aku nggak mau sih dibilang emak2 sm temen2 nongkrongku.” 

Fyuuh, berat sih untuk mnahan diri nggak bilang, “Astaghfirullahaladzim” ato mukul klien tsb, hoho… Tp ya aku pikir itulah cara pembelajaran yg bagus banget dr Tuhan, belajar untuk tdk asal judging ke orang.

Untuk itulah, aku mnyarankan kpd teman2ku calon psikolog yg baik, berkompeten, & tdk sombong, agar sbelum berangkat ke lokasi kerja ndengerin lagunya mbk Sarah td. Biar inget gt klo ,”we’re still innocent”, msih ada ruang d hati kita untuk tdk melihat hal seberat apapun sbg “dosa”. Insya Allah ini akan mmudahkan kita untuk menangani klien, hehe….

Setiap manusia itu manis lho, dan tau nggak sih klo Tuhan selalu mnyiapkan kado2 terbaik untuk manusia. Dimulai sejak kita lahir, dirawat ortu, main2 sama temen, sekolah, bekerja, dll…. Itu smua kado2 trbaik dr Tuhan :). Klo itu bukan yg terbaik, gak mungkin kita diturunkan ke muka bumi ini. Dgn turunnya kita di sini sudah jelas semua kebutuhan kita dipenuhi oleh Tuhan, mulai dr makan, ilmu, rejeki, hingga ehm jodoh. Tuhan menurunkan kita d bumi pasti udah dngan pertimbangan penuh, bahwa kita mampu menjalani tantangan hidup.

Ada orang yg (dgn izin Tuhan) diberi masalah berat, kecacatan, maupun kegilaan. Itu mksudnya bukan agar mereka diremehkan ato diasingkan oleh manusia “normal” lainnya. Klo tujuannya kayak gitu mah, ngapain Tuhan nyiptain mereka. Klo Tuhan mau sih, Tuhan pasti akan bikin manusia yg cantik2 & ganteng2 aja, yg kaya2 aja, yg pinter2 aja, yg baik2 aja. Gampang kan? Dunia dijamin aman damai, gak ada masalah krn smua orang hidupnya sejahtera.  Tp knapa ya ada orang yg msalahnya berat & gak umum? Ngotorin dunia ajaah… Yaya, bisa sih klo kita mikir kayak gitu. Tp krn Tuhan mnciptakan sgala sesuatu dgn prtimbangaan penuh, aku yakin pasti semuanya ada mksudnya.

Knp Tuhan nyiptain orang yg hidupnya penuh masalah? Agar orang2 yg lebih kuat & sabar mndapat kesempatan beramal dgn menolong orang tsb, agar orang2 yg lbih “normal” mampu melihat bhwa di balik keterbatasan seseorang tersimpan ketidakterbatasan & kesempurnaan Tuhan, agar orang yg menolong & ditolong dpt saling berbagi ilmu & hikmah.

Yaa sbenarnya dlm kacamataku gak ada posisi ordinal, antara pihak yg menolong dan yg ditolong. Semuanya sama, gak ada yg lbih tinggi ato rendah. Makanya klo temen2 bertemu klien, usahain jngan bilang,”Saya akan menolong anda” tp bilanglah bgini,”Yuk, kita bersama2 melakukan ini.”  Klo mau bilang menolong sih sbenernya gak salah jg, cuma aku takutnya ntar malah mnimbulkan kesombongan bg calon psikolognya, hoho..  Belajar dr pengalaman aja sih ada kalanya kita bersemangat banget pengen bantu orang eh trnyata orang yg pengen dibantu malah ngerasa gak butuh2 banget buat dibantu. Mngkin di mata orang itu kita jd tampak “lebay” kan?

Make it simple, berbagi aja. Siapa tau di awal2 prjumpaan emang bukan klien yg ngerasa dpet pncerahan dr kita tp malah kitanya yg ngerasa dpet “sesuatu” dr dia. Trus siapa tau jg dgn “sesuatu” itu kita akhirnya bisa mnghantarkan klien untuk dpet pncerahan lbih lanjut. Intinya, saling berbagi lah…  Yg namanya pertolongan itu datengnya dr Tuhan. Klo Tuhan menganggap kita blum pantas untuk mnjadi jalan kebaikan bg orang lain ya yg namanya pertolongan itu gak akan sampe ke kita. Itu smua suka2nya Tuhan aja sih :D.  Makanya, kita perlu mnyiapkan hati & pikiran, menjaga keduanya agar tdk “kotor”.  Jd ntar pas kita udah siap, insya Allah pesan2 kebaikan dr Tuhan itu akan sampai jg ke mulut kita & mampu tersampaikan ke orang yg ingin kita bantu. Yeeii….

Jd gitu ya teman2ku yg manis. Kita semua belajar… belajar mnjalani hidup & berbagi pengalaman hidup. Hidup gak selalu lurus sih, tp pasti tetap manis di mata Tuhan. Jd ketika teman2 lg galau, ingatlah ada Tuhan di sini, di sana, di mana saja, trmasuk d samping anda sekarang, hoho…..  Ingatlah bhwa setiap hal yg kita temui adalah hadiah.  Hadiah yg istimewa tentu diperuntukkan bg orang yg istimewa jg. Aku & kamu semua adalah istimewa di hati Tuhan. ^__^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar