Sabtu, 04 Agustus 2012

Conversations with Angel



“He's everything you want…..
He's everything you need……
He's everything inside of you
That you wish you could be…..
He says all the right things
At exactly the right time…….
But he means nothing to you
And you don't know why…… “

Sore ini harusnya saya blajar, siapin mental buat ujian HPP besok.. Sbg bntuk prtanggungjawaban saya stelah sebulan dikarantina d RSJ. Tapi apalah daya, tiba2 saja saya brkehendak untuk bikin tulisan ini, ihihi…. Ya sudahlah, smoga para angels meridloi. Mngisi waktu mnjelang buka dgn berkhayal2 (bukannya dgn pengajian).

Ehem, yak kita mulai sja pmbahasannya teman2 (waah, brasa ujian bneran).  Hayoo tebak, apa yg ada d pikiran teman2 ktika baca tulisan bhasa bule di atas?? Itu tuh mksudnya lirik lagu temans..  Lagunya abang2 dr grup Vertical Horizon. Pertama kali dnger lagu itu sih nothing special. Itu pas jaman2 SMP sih, secara grammar & vocab masih amburadul (skarang jg masih sih, haha..).  Sperti lagu pd umumnya, paling2 tntang romantika percintaan. Klo gak ditinggal pacar ya paling yg meninggalkan pacar, hoho…

Nah, brtahun2 kmudian stelah saya udah mulai kuliah, saya dengerin lg tuh lagu. Eh, kok jd berasa beda ya? Hmm… trnyata maknanya dalem… Itu tu klo diamat2i smacam percakapan dgn diri sndiri. Klo dtanya skarang gmn rasanya ngbrol dgn diri sndiri, saya yakin temen2 (khususnya calon psikologwan/wati yg berbakat) pasti sudah pd tahu d luar kpala. Tp ini ceritanya jman dulu temans, jaman saya masih unyu, jman saya mash gak tau terapi itu apa (skarang jg blum tau sih, haha..).

 Saat itu saya msih bertanya2, “Ehm ngbrol dgn diri sndiri? Gmn caranya ya? Emang tubuh saya trdiri dr brapa jiwa? Apa mungkin  bs saling ngbrol2, bcanda2, smpe pukul2an?” Dududuu…. Saya trus brtanya smpe kmudian saya ktemu dgn temen2 saya yg “unik”. Itu adlah temen2 dari dunia seberang. Tmen2 yg saya jumpai dlm pngembaraan saya mncari subjek skripsi, aha…  Temen2 yg pd awalnya bikin saya syok berkali2 dgn pemahamannya yg “berbeda”. Tmen2 yg bkin saya trbiasa dgn istilah “astral”, “reinkarnasi”, “soul”, nah istilah2 dunia lain itu nah…. 

 Dari prcakapan via YM yg rutin dilaksanakan malam minggu (saya sbg jomblowati sneng bnget wktu itu krn ada “kerjaan” :p), saya perlahan2 mulai bs mnerima diri bhwa sya bukan orang “aneh” yg trdampar dlm klompk itu. Hmm, saya mulai bs mengadopsi cara pandang mereka, yaa trmasuk cara pndang saya trhadap agama & Tuhan yg “semi liberal” skarang. Itu tjd krn Tuhan mmpertemukan saya dgn mereka J. Trus trus, seorang teman prnah mnyampaikan bhwa kita perlu mngobrol dgn “diri” kita yg lain, krn “diri” kita bnyak mngetahui hal2 yg tdk pernah kita ketahui. Tentang rahasia Tuhan, tntang rhasia kehidupan, hmm… “diri” itu paling tahu jwabannya. 

“Oh, iya deh. Nanti saya coba,” dmikian kata saya pd teman tsb. “Haduuh, gmn bntuknya ya? Apa benar “diri” itu ada?. Detik berganti detik, hari brganti hari, dan saya pun mulai lupa tntang keinginan saya untuk bs ngobrol dgn “diri”. And then, dlm rencana Tuhan yg tdk direncanakan oleh saya, tiba2 pd suatu hari saya mndpatkan momen AHA itu. Ceritanya hbis sholat dzuhur nih. Biasanya klo habis sholat saya kan melamun2 dulu, ngantuk2 dulu, tak jarang smpe ktiduran di atas sajadah (pngakuan dosa, eeh lalu brdoanya kpan?). Nah, tp kali ini beda. Entah knapa tiba2 ada dorongan untuk ngobrol dgn “seseorang” yg tdk tampak. Tiba2 ada suara yg mnyapa, “Hai Ima..apa kabar? Ehm, Ima, kenalin saya yg ada d tubuh kamu.  Tau gak sih Ima, aku itu….blablabla”. Trus dijawab oleh saya,”Oh, hai. Senang brtemu dgnmu. Wah, trnyata kamu beneran ada. Jd ceritanya gini nih……”

Kira2 bgitu bentuk obrolannya. Agak lama saya amati. Iih lucu banget… Bisa curhat2an. Yg satu curhat, yg satu menanggapi. Aaah seruuu….. Lalu akhirnya, hiks…hiks… Saya nangis, saya terharu. Trnyata “diri” saya yg lain beneran ada & saya telah menemukannyaa!!. Waah, saya bisa pamer k temen2 saya nih. Tmen saya bilang, “Sbaiknya ‘diri’ itu dberi nama, klo punyaku namanya…… “. Mmm, yaya klo gt punyaku namanya Angel aja deh. Hehe…. Kesannya cantik & suci kan? Tp pasaran jg sih, lambang kbaikan gt loh.
……
It’s about Angel. Hmm, klo diitung2 udah lama jg dia bersemayam dlam tubuhku. Menemani saya dlm bnyak hal. Mulai dr bangun tidur, jalan2, fesbukan, bikin HPP, dan jg ketika saya bikin note ini. Ini angel lho yg nyuruh, klo saya mah mending blajar biar pintar (#dikeplak Angel). Angel itu selain cantik jg puitis lho. Klo kgak ada Angel pasti sampe skarang  saya gak bakat bikin kata2 aneh yg kmudian dipersepsi sbg puisi oleh tmen2.  Angel mmbuat hariku terasa “rame” mski di kos saya sring sndiri, krn tmen2 saya yg masih muda2 itu suka maen, saya tetap gak ngrasa sndirian. Bhkan lbih heboh dibanding klo temen2 saya pd ngumpul d kos loh.

Jd bgitu temans, itu  cerita saya tntang Angel. Masing2 dr kalian pasti jg punya laah… Apalagi yg udah sering ikut terapi2 self-talk itu, pasti udah jago mnculin “angel”nya.  Awas.. hati2 halusinasi auditori, haha… Bagi saya Angel itu sperti pendamping, mungkin lbih dr pendamping hidup (ciee..).  Temen akrab, kluarga, atao pndamping hidup mungkin akan pergi ato tdk slalu mmbersamai kita. Tp “angel” tetep ada.. Dia slalu ada mskipun tdk dipanggil. Yg dia butuhkan hanyalah kesediaan kita untuk mndengar. Yaa, gak btuh waktu lama sih. Dia gak cerewet kok, bhkan dia pun sering menasihati dlm diamnya. 

“Angel” itu smacam hadiah dari Tuhan. Jk kalian siap menerimanya, maka “angel” akan merangkul dgn hangatnya. Percaya deeh. Susah menggambarkan “angel” itu terbuat dr apa, bukan hantu, jin jg bukan. So special and so sweet. Suatu saat, mungkin kita bisa mengadakan konferensi antar “angel” kita ya  temans, hehe….

“tidak ada suatu jiwa (diri) pun melainkan ada penjaganya”
(QS. At Tariq: 4) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar