Sabtu, 18 Agustus 2012

Sebelum Aku Jatuh Cinta....


Hmm…. Jadi langsung saja ya, sebenarnya cinta itu apa??
Huaahaha…….Pertanyaannya frontal bener.
Tumben2nya nih, biasanya kan aku (kali ini pake kata aku, bukan saya :D) pake intro dulu untuk pembukaan note. Lha ini kenapa bisa lngsung nyelonong tanpa basa-basi?

Soalnya temanya menarik bnget sih buat dibahas. Jd gak sabar gtu deh, hehe…

Cinta…..cinta….cinta……
Fyuuh…. Ini tema yg berat sebenarnya. Kali ini aku mau bhas cinta secara simple aja lah. Kan biasanya aku suka ngaitin cinta dgn tema2 “tidak biasa”, misalnya cinta pd Tuhan, cinta pd perdamaian dunia, ataupun cinta pd diri sndiri. Kali ini mau bahas tema cinta yg kayak di sinetron2 aja ah… Yaa, cinta antara sepasang manusia #uhuuuk.

Mungkin bg sebagian orang sdikit mngherankan ya, di usiaku yg sudah 24 ini trnyata aku masih bingung, cinta itu apa yaa? haha….  Di saat teman2 seumuranku sudah bnyak yg punya pacar, menikah, gendong anak, eh aku-nya masih suka ber-lalalala, tidak jelas. Mungkin d kalangan anak2 gaul, kondisiku ini lazim disebut dgn “galau”. Hmm…galau ya? Galaww gak yaaaw?

Eh, eh.. bentar2, jadi mksudnya note ini dibuat untuk apa, Ima? Untuk sarana promosi klo kamu lg jomblo? Atau untuk ajang curhat para galau-ers? (cerocos my Angel)

Huuuh, iseng amat sih nanya2. Cepet banget bikin judgement-nya. Baca tulisanku semuanya dulu kenapa. Ntar cobalah bikin komen yg bermutu & elegan (Jawabnya saya yg lg sewot).

Ok deh, lalu siapa td yg bs jawab? Cinta itu apa??

“Cinta itu dakwah. Cinta itu jalan untuk mncapai ridlo Allah.  Oleh krn itu dlm menyikapinya tdk boleh main2. Cinta itu membawa kepentingan umat, ukhti” #versi aktivis dakwah

“Cinta itu sesuatu yg harus diperjuangkan smpai titik darah penghabisan. Kehadirannya tidak lekang oleh zaman. Meskipun dada ini dihantam peluru, cinta akn tetap tegak sbagaimana sang saka“ #versi nasionalis yg habis ikut upacara 17-an

“Cinta itu bukan hanya sekedar kata. Cinta bukan hanya pertautan hati. Cinta bukan hasrat luapan jiwa. Cinta tak hanya diam. “ #eh eh… malah nyanyi. Maklum versi fans-nya Padi

“Cinta itu adalah perasaan yg diakui oleh anak yg dibesarkan dlm keluarga yg memberikan unconditional positive regard. Cinta itu diterima sbg perasaan yg dialami, sehingga tdk trjadi pertentangan antara ideal self & real self.  #versi mahasiswa psikologi yg rajin baca teori humanistik, halaaah….

“Cinta itu….. Yee… Kagak usah dibahas lagi. Kan saya udah sarjana, udah kerja jg. Apalagi yg mo dicari? Tinggal cari bini & punya anak kn?”  #versi praktisi alias orang yg suka berpikir praktis. Yaya, ini lebih gampang dipahami.

Nah… Kira2 aku akan pilih definisi cinta yg mana yaa? yg ribet ato yg praktis ya? Ngg…. Aku jg bingung nih. Mngkin cinta di mataku adalah pertanyaan dr ibu & kakakku pas aku pulang mnjelang lebaran ini. Bgini prtanyaannya: “Ima, mana calon yg mau dikenalin k ibu? Makanya urusin tuh jerawat kamu biar dapet cowok” #yaah, ibuk. Cinta kn datangnya dr hati, bukan dr obat jerawat.
Atau begini: “Jembling… (ini panggilan sayang dr kakakku yg ‘ndeso’ bnget). Apaan tuh kok belum punya pacar? Rugi dong kamu dikuliahin sampe S2” #laah aku kan kuliah nggak diajarin cara nggaet cowok mas.

Serius itu cinta??? Bukaan, aku pikir itu lbih tepat disebut sbg tuntutan untuk menikah. Nah loh, klo udah diberondong prtanyaan kayak gt, uuh serasa pngen segera balik k jogja aja ah, melarikan diri dr semua realita yg mnjeratku dgn penuh derita (sengaja mendramatisir keadaan).

Yak, pmbaca, aku cuma mencoba mengungkap salah satu fenomena yg trjadi d Republik Indonesia ini. Sbuah fenomena di mana seorang wanita yg sudah cukup umur akan dianggap aneh jk trlihat berjalan sndiri & tdak ada tanda2 mnjalin hubungan dgn lawan jenis. Itu baru krn aku “terlihat” single aja lho, coba klo aku nunjukin tanda2 lain, misalnya jalan mesra dgn temen sesama jenis, wiih bisa2 smua kluargaku pingsan tuh, hoho…

Ya sih, tmpaknya teori om Rogers bhwa seorang anak sbaiknya dihargai tanpa syarat itu masih sulit terwujud d Indonesia. Karena yg biasa diberikan pd anak2 dr kecil hingga dewasa adalah serentetan prtnyaan mliputi, “Berapa nilaimu d kelas? Dapet juara berapa? Kapan lulus kuliah? Kapan kerja? Kapan nikah? Kapan punya anak? Kapaaaan……?????” Maaf ya om Rogers, perjuanganmu msih blum mncapai kmerdekaan, huhuhu….

Aku & temen2 se-gank-ku dulu sering melakukan diskusi bnyak mata & bnyak waktu, bhkan tdk jarang sampe menginap bersama. Tujuannya adalah memusyawarahkan definisi cinta. Ahaha… Sbuah acara yg bg orang lain mngkin dianggap konyol. Lalu hasil apa yg kita peroleh? Bnyaaakk siiihh….. mulai dr hal filosofis smpe mistis (yg ditandai dgn peramalan pake kartu tarot). Nah, diantara temen se-gank-ku itu ada yg akhirnya menemukan cinta, ada yg masih berburu cinta, ada pula yg memaksakan diri untuk bs jatuh cinta, hoho…Klo aku trmasuk golongan yg mana ya? :D.

Temenku bilang, cinta itu sesuatu yg bisa bikin duniamu berbunga2, berwarna-warni, sperti ada energi yg menggerakkanmu untuk melakukan sesuatu. Gak penting orang yg kamu cintai itu tahu ato nggak. Yg pnting kamu bs mrasa hidupmu lbih hidup.

Kata temenku yg lain lg : Aku nggak mau dibilang nge-fan sm seseorang yg aku sukai. Nge-fan itu mnunjukkan klo dia punya posisi yg “lebih” drpada aku. Aku maunya kita brdua punya posisi sejajar & saling mndukung untk kemajuan bersama.

Kata temenku yg lain2nya lg: Ih, katanya kan manusia itu diciptakan udah dgn pasangan masing2 ya? Trus orang yg sampe meninggal blum dapet jodoh tu ceritanya gmn? Itu bukan berarti dia nggak mau brusaha mncari jodohnya loh. Trus gmn pula ya klo jodohnya trnyata sesama jenis. Ehm, Ima, gmn klo trnyata kamu adalah jodohku? Huehehehe……

Banyak kata untuk merumuskan cinta. Banyak jalan pula untuk menemukan cinta. Nah, klo aku ini kira2 udah pernah jatuh cinta blum ya? Boong banget klo kamu blum pernah, Ma…  

Ehm, ya mngkin pernah, mungkin jg belum. Karena trjadi ketidakjelasan dlm proses aku jatuh cinta, bgaimana klo niat jatuh cintanya sekalian diperbarui saja, mumpung Idul Fitri, hehehe….

Ok deh, posisiku sekarang sperti kertas putih. Kertas yg blum punya coretan garis dan kata. Kertas yg siap digambari dgn beragam warna. Aku ingin setiap pagi kertas itu selalu berwarna putih. Mungkin aku pernah mngotorinya di suatu siang, sore, atau malam. Tp aku ingin ketika pagi datang semua bekas itu hilang, agar aku bersemangat untuk menggoreskan warna & kata lagi. Agar aku tergerak untuk belajar lg. Bukan sekedar mengeja & menghafal C.I.N.T.A, tetapi jg meresapinya dlm hati & imajinasi.

Beberapa hari yg lalu aku diingetin oleh temenku yg baik hati,”Ima, hati2 jngan bermain api. Jngan terbang terlalu tinggi, nanti sakit lho kalo jatuh.” Fyuuh, itu aku anggap sbg sbuah “warning”, agar berhati2 mempergunakan “hati”, agar gak menyepelekan sesuatu tp jg gak terlalu membesar2kannya. Biarkan cinta berjalan sesuai porsi dan tempatnya…

Adalah sebuah kewajaran klo manusia mngenal cinta. Adalah sebuah kewajaran klo manusia punya kecenderungan hati pd seseorang. Adalah sbuah kewajaran klo 2 hati yg “sama” kemudian menemukan jalan untuk bersatu. Adalah sebuah kewajaran pula klo 2 hati yg “sama” kemudian menemukan jalan untuk berpisah. 

Tidak masalah cinta antara 2 orang itu ada kisahnya atau tidak. Tidak masalah jika sebuah kisah cinta tdk mampu memberikan romantisme atau heroisme bg orang lain. Tidak masalah jika cinta hanya dimaknai sbg kisah yg sederhana tnpa makna. 

Dalam cinta sebenarnya hanya ada 2 hal: Kewajaran & Tidak Masalah. Namun manusia sndri yg suka membuatnya mnjadi tidak wajar & bermasalah. Dlam kacamata cinta milikNya, semua cinta adalah penting. Semua cinta dibuat dgn perhitungan semesta. Semua cinta adalah pertanda bhwa Dia Hangat dan Lembut. Jadi mungkin cara mendeteksi cinta itu gampang ya? Klo kita udah merasa hangat & lembut, hoho…

Udah ya teman2, aku bingung gmn harus mengakhiri tulisan ini, hehe… Smoga yg sedikit ini bs memberikan “hiburan” mnjelang lebaran. Mohon maaf lahir batin! Salah gue jg sih, knp mnjelang lebaran malah nulis cinta2an bgini, bukan nulis ceramah, hahaha…. ^^V Selamat mmperbarui cinta ya temans… Selamat menyirami cinta yg terus tumbuh mewangi dlm hati kita masing2.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar