Selasa, 14 Agustus 2012

Ageless Soul


Intro:
“Ima…ima… tau gak sih, aku ini anak berumur 14 tahun yg terperangkap dlm tubuh manusia 24 tahun”
“Hmm… Gitu ya? Kalo gt aku juga ah. Kamu tau Mahatma Gandhi gak? Jd ceritanya aku ini hasil reinkarnasinya Gandhi lho, hahaha…”

Begitulah prcakapan aneh d suatu sore. Jika seorang muslim yg rajin bribadah sudah ikut pngajian & siap2 berbuka, kita berdua malah udah berbuka dr jam 4 sore. Hoho.. hingga mnimbulkan wajah heran pd mas2 penjual sop ayam, “Heh, ini mau dimakan skarang mbak sopnya? Gak nungguin waktu buka?”

Lanjut cerita, akhirnya kita mlanjutkan percakapan di kos saya yg kecil namun penuh kedamaian. Ehm, seorang teman saya, sebut saja namanya Mayang, sperti biasa melontarkan celetukan2 anehnya. “Imaa… aduh, gmn donk? Aku jatuh cinta sama anak SMA nih. Trus mnurut bu psikolog enaknya gmn?.” Saya yg lg berperan sbg psikolog bodoh (ceritanya cuma akting kok, gak bdoh beneran :D) sengaja tdk mmberikan jawaban padanya, soalnya berkali2 di-konfrontasi jg gak mempan. Jd saya biarkan sajalah dia berbahagia bersama lamunannya.

Then, perkataannya pun smakin menceracau, yg sok jd remaja yg trperangkap dlm tubuh yg salah lah..Dan kasihannya dia, knp jg berkonsultasi pd calon psikolog bodoh. Akhirnya kn ditanggapi jg dgn pikiran “aneh”nya. Ehehe…  Maklum psikolognya lg terkena waham kebesaran, sok banget pengen nyama2in Mahatma Gandhi, jd agen prdamaian dunia.

Ya baiklah pemirsa, itu sekedar intro. Saya gak akan mmperpanjang pembukaan aib2 kita yg suka ngomong “aneh2” itu. Skarang saya akan mmbahas hal yg agak nyambung dgn tema di atas. Lagi2 tentang jiwa a.k.a “soul”. Hmm, apa lg nih? Hehe.. mungkin krn saya agak terobsesi dgn RSJ ya, jd suka banget dgn tema2 beginian.

Alkisah, pd suatu hari yg saya lupa kpn tepatnya, pikiran saya tiba2 terbawa ke suatu simtom, ehm simtom penasaran. “Hmm, sbenarnya jiwa itu terbuat dr apa ya? Jiwa itu pertumbuhannya gmn ya? Apakah sejalan dgn pertumbuhan tubuh? Klo tubuhnya semakin tinggi dan besar apakah jiwanya jg bertambah tua? Trus hal2 apa aja ya yg bikin pertumbuhan jiwa bagus? Klo untuk bdan sehat kan kita butuh makanan bergizi, lha klo jiwa? Emangnya makanan jiwa, ya katakanlah bimbingan agama gt menjamin klo jiwanya akan sehat?”

Huahaha… bnyak jg pertanyaan saya. Lalu muncullah suatu kekhawatiran dlm diri saya, kekhawatiran bhwa saya akan tua & mati. “Adduuh, nanti saya akan tua jg ya? Ntar wajahku keriput2 jg donk? Waah, gak keren nih. Masih muda jerawatan, udah tua keriput. Trus kapan ksempatan buat cantiknya yaa??” (sambil pegangin muka, brcermin, & pake lotion pencantik wajah). 

Wah kok cepet banget sih, perasaan barusan bayi deh, trus anak2, trus ABG, trus kok tiba2 udah umur segini? Klo bukan krn undangan nikahan dr temen2 yg udah bnyak, mungkin saya gak akan sadar klo semakin tua, hohoho…  Oh, usia saya nih udah usia nikah ya? Yaah, pdahal kan saya masih seneng main2 boneka, ngliatin tokoh kartun yg imut2, trus bicara dgn gaya anak kucing (tiba2 suka nyeletuk “meong..meong”). Waduuh gawat nih, berarti saya harus belajar jd wanita dewasa ya? Harus bisa masak, ngasuh anak, bersih2, dandan, berlagak jd psikolog profesional,………  

Hmmm, gmn ya? Berarti saya harus rela melepaskan dunia anak2 ini ya? Emang harus gt ya? Klo udah dewasa gak boleh kekanak2an lg? Waah, betapa suramnya duniaa…. Habis itu apa lagi? Saya akan berubah jd lansia? Nunggu mati? Kerjaannya cuma ikut pembekalan menuju surga (pengajian maksudnya)? Aaarggh…tidaaakkkk! Saya tdk mau hidup saya membosankan bgitu. 

Dan lalu my “angel” mbisikin saya, “Wiss wuss wiss… blablabla…lalalala”.  Hingga akhirnya perasaan saya pun menjadi tenang. Ahahaha… gitu ya, ngel. Baiklah. Mungkin saya emang akan beranjak dewasa & menua. Ya itu adalah hal yg sangat normal. Tp saya gak mau mlepaskan jiwa anak2 & muda saya. Saya pengen jiwa itu terus ada menemani hari2 saya hingga menuju akhir. Soalnya klo punya pemikiran anak2 tuh enak, gak gampang stres. Segala sesuatu dibikin simple. Klo jd orang dewasa terus capek. Sok kuat, sok bijak, sok baik, sok mikirin banyak orang, aaahh itu bener2 menguras tenaga. Ya bagaimanapun harus seimbang jg sih. Harus tau jg saat yg tepat untuk jd anak2 ataupun dewasa. Saya jg bs sih dikit2 jd dewasa, ya misalnya pas nulis kata2 yg filosofis itu tuh. Mksudnya sih filosofis & dewasa, tp kok tetep gak ada apa2nya dibandingin Mahatma Gandhi ya? Hoho.. si bapak tua yg pemikirannya “cakep” banget itu.

Gak ada larangan untuk terus merasa muda. Toh yg akan menua cuma badan kan? Hmm, pantaslah bnyak yg bilang, “tua itu pasti, dewasa itu pilihan”. Klo gt kata2nya saya ganti boleh ya, “tua itu pasti, awet muda itu pilihan”. 

Hihihi…. Iya benar, awet muda itu pilihan. Klo gt saya gak usah terlalu ikut pusing pas ibu saya minta dicariin kosmetik anti kerut dong ya? Cukup saya bilang ke ibu saya,”Bu, kerut2 di wajah itu gak usah diilangin. Itu kan bukan tanda penuaan bu. Itu cuma tanda2 pubertas kok. Berarti ibu sudah menjadi remaja skarang.” Hahaha….#ngacobuatnyenenginortuituberpahala

Ternyata eh ternyata, klo dipikir2 tua & muda itu cuma masalah persepsi. Kagak njamin klo yg anak2 kagak bisa bijak. Kagak njamin jg klo yg dewasa kagak bisa kreatif & imajinatif kayak anak2. Saya pun punya pemikiran aneh again (haduuh, emang susah nglepasin diri dr keanehan, haha…). Hmm, siapa tahu sebenarnya jiwa itu bersifat stagnan. Gak pernah tua & gak pernah muda. Yaa stagnan, dr jaman  jiwa belum turun ke dunia, hidup d dunia, sampe ntar udah habis kontrak d dunia. Semuanya itu adalah jiwa yg “sama”. Klo ada anak kecil suka nanya2 ke ortunya, bukan berarti dia bodoh. Kan jiwanya bisa aja berusia “sama” dgn ortunya. Hanya saja, emang fisik si anak yg membuatnya tampak kecil & kurang pengetahuan. Kan critanya jejak2 memori di otak masih dikit tuh, makanya anak harus sering belajar untuk membuat sinapsis (koneksi antar syaraf) otaknya semakin tersambung.

 Tp klo secara jiwa, hmm…  itu beda kasus lg. Jiwa berusia “sama” itu yg bikin komunikasi antara anak & ortu bs terjalin. Gak sperti belajar ngomong & berjalan yg butuh waktu, anak gak perlu belajar untuk mengenal “cinta”. Anak baru lahir pun udah bs ngrasain kehangatan cinta ibunya, meski dia gak bs ngomong “I love you” ato meluk ibunya. Dia mungkin cuma bs nangis, tp itu tangisan yg malah bikin tenang ibunya. Mungkin bgitu contohnya teman2, hoho….  

Makanya, wahai kalian para ortu (ato calon ortu) ato yg punya sodara masih anak2, jngan hanya beranggapan klo kita mengajarkan sesuatu pd mereka ya! Kita jg bisa kok belajar banyak dr mereka. Kita mungkin seringkali udah begitu PD ketika njelasin,”Eh, dik Tuhan itu begini lho.. Kalo menurut kitab suci Tuhan itu begitu. Makanya kamu gak boleh nakal, ntar dosa lho dimarahi Tuhan.” Hihihi… ah masak iya Tuhan begitu. Cobalah sekali2 ndengerin si anak berbicara bebas tentang Tuhan, menurut pemikiran dia, tnpa ada tendensi kitab ato agama. Niscaya pemahaman si anak lebih genuine. Kan ceritanya kita sama anak2 “seumuran” secara jiwa. Jd belajar bersama mah sah2 aja. 

Yuhuu, emang asyik klo punya jiwa anak2 yg suka belajar. Terus blajar tnpa bosan menjelajahi bagian2 bumi, gak pernah puas dgn 1 jawaban. Saya jg pengen bs begitu. Tp klo waktunya ngerjain tugas yg ada dlm diri saya malah jiwa simbah2, yg suka duduk2 santai d kursi goyang, sambil tertidur, oh indahnya dunia, haha…..  Pe er saya nih, untuk bisa mnjadi anak2 & dewasa dlm proporsi yg tepat. 

Kemudian prtanyaan aneh saya pun masih ada lanjutannya.”Ke mana perginya jiwa setelah kita mati ya?” Klo orang2 yg agamanya baik2 saja mngkin cukup mnjawab,”Ya kembali ke Tuhan lah, emang mau k mana lagi?” Hmm, itu gak salah sih, tp boleh ya saya berandai2 biar jawabannya gak datar2 aja. Bagi saya, kembali k Tuhan itu sifatnya masih misterius. Gak langsung kembali ke tempat brnama akhirat trus putus hubungan sama sekali dgn dunia. Reinkarnasi ato trlahir kembali setelah mati itu bisa aja trjadi loh. Saya gak trlalu tau sih pemahaman reinkarnasi mnurut agama slain Islam sperti apa. Tp saya cuma pngen memahami mnurut imajinasi saya sndri, hoho….

Mungkin reinkarnasi itu gak bener2 lahir lagi jd bayi scara fisik ya, kan bisa jg reinkarnasi dlm hal pemikiran. Kayak yg saya bhas d atas itu td lho. Saya kn PD banget tuh bilang sbg reinkarnasinya Mahatma Gandhi. Lha mana mungkin Eyang Gandhi masuk ke tubuh saya yg brlainan jenis? Udah gt beda bahasa & kbangsaan lg. Mngkn nih yaa, yg mungkin trjadi adalah reinkarnasi pemikiran. Jd Eyang Gandhi mnyebarkan pemikiran perdamaiannya pd dunia. Trus saya sbg salah 1 bagian dr dunia turut mmbaca pesan2 itu, nah akhirnya kan pesan2 itu bisa terus hidup pd diri saya & orang2 lain meskipun Eyang Gandhi-nya udah gak ada d dunia. 

Hmm, baiklah. Klo gt saya harusnya gak perlu takut mati klo punya pesan2 yg disampaikan pd orang lain dong ya? Saya bisa terus hidup smpai generasi kapanpun. Ah ya, pantaslah perkataan yg ditujukan buat pahlawan itu,”mati satu tumbuh seribu.” 

Yak, apa yg saya tulis ini hanya bersifat “kira2” teman. Ilmu tntang jiwa itu bukan ilmu pasti. Pun ketika psikolog & psikiater berlomba bikin diagnosis multiaksial untuk gangguan jiwa, tetap aja mereka gak bs bikin kepastian yg bener2 pasti. Itu semua karena di surat cinta Tuhan  saya ada perkataan begini: “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit” (QS. Al Isra: 85). 

Klo ada sesuatu yg perlu ditambahkan, silakan ngobrol dgn jiwa saya #eeh…
Makasih…^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar