Jumat, 24 Agustus 2012

Another Story about Winning & Forgiving


“Selamat Idul Fitri…..
Mohon maaf lahir batin……”

Sejak beberapa hari kmaren kata2 ini mnjadi “bintang” ya? Dikemas dlm berbagai cara: mulai dr salaman langsung smpe salaman tdk langsung di sms, bbm, twitter, atopun FB (salaman lewat pak pos udah gak jaman soalnya), mulai dr ucapan yg standar sesuai kperluan sampe yg panjang ala filosofis atopun humoris. 

Demikian pula dgn acara TV, dmikian pula dgn acara radio, dmikian pula dgn acara surat kbar ato mjalah, demikian pula dgn……………..
Yah, pokoknya banyak lah…
Dalam bebrapa kasus, biar lebih “menarik” ada pula yg menambahkan dgn “smoga kita kembali pd kemenangan.”

Iyalah, kn hari raya umat Islam gitu loh… Kan dari tahun k tahun tradisinya jg begitu. Kan habis mmberikan porsi secara “lebih” pd ibadah slama sebulan penuh, boleh lah skarang kita “berfoya2” sejenak. Umat muslim d seluruh dunia jg begitu kok, meski d Indonesia tetep aja gak ada yg ngalahin keribetannya, mulai dr acara beli baju, bikin kue, & mudik, hoho…

Sperti umat Islam pd umumnya, saya jg pastinya ikut serta dlm keramaian idul fitri dong yaa… Ikut bantuin ibu masak2, sholat ied, sungkeman sm ortu & sodara, salam2an sm tetangga, sms temen2 serta ndatengin temen2 lama sambil bernostalgia masa skolah.

Ya, saya menikmati smua aktivitas itu, namun ada kalanya bagian dr diri saya yg lain mengajukan prtanyaan yg “tidak umum”. Hmm, apa itu? Trus bagian dr diri saya yg lain tuh siapa??? Gak tau deh, bagian dr diri yg suka berfilsafat itu, ehehe… yg sering muncul d saat tak terduga. Panggil saja dia “Angel” ya! (sperti yg sudah prnah saya bhas d note sbelumnya :D).

Pertanyaan2 itu bukan hanya muncul ketika Idul Fitri tiba. Jauh sbelum itu, tepatnya saat memasuki bulan Ramadlan, mulai deh, obrolan dgn diri sndiri sering trjadi. Mngkin sejak skitar 2 atau 3 tahun yg lalu ya, klo Ramadlan tiba saya malah mnjadi sdikit gelisah.

Loh kenapa? Bukankah Ramadlan itu bulan yg agung & indah? Bulan yg bertabur ampunan & pahala. Semua umat muslim menyambutnya dgn bahagia lho. Anomali kamu Ma klo gelisah begitu, demi apa coba???

Ngg….yaa…..ngg….. ya justru karena bulan itu bertabur ampunan & pahala, itu malah bikin saya bertanya2, huhuhu……  Atas tujuan apa ya Tuhan nyiptain Ramadlan? Buat nunjukin kalo pahala itu begitu penting? Buat promosi ibadah k orang2?

Hadduh Imaa… Klo pertanyaanmu begitu kamu bisa didepak dr grup pengajian dong ya? Ahaha…. Ya kali, tp berhubung dr luar saya tmpak baik2 aja, syukurlah orang2 d sekitar masih menganggap saya normal2 aja :D

Dan lagi, ketika melihat orang2 berbondong2 pergi k masjid untuk bertarawih, ketika melihat orang2 mnjadi sangat rajin baca Quran, hmm… saya pun smakin bertanya2. Halaah, Ima ini kebanyakan nanya. Langsung dijalanin aja kenapa? Toh kamu dulu jg begitu kn, mengejar target ibadahmu sampe penuh. Iya ya? Kalo diinget2, aku dulu kn jg begitu, terlebih jaman2 sekolah dulu, sejak SD bahkan.

Pas jaman SD dulu saya udah mulai nglaksanain puasa sampe penuh, tarawih pun tiap malam. Sampai2 dulu itu saya sdikit sombong lho, hoho… Ketika hujan deras & jumlah jamaah tarawih di masjid deket rumah saya begitu sedikit, saya trmasuk dlm golongan yg sedikit itu. Rasa2nya udah kayak golongan yg paling beriman gt deh, haha… Maklum, masih kecil, masih polos. “Hmm, mana nih temen2 seumuranku? Payah nih, pd males beribadah. Tp ya udahlah, ini kan tandanya aku rajin & pantas disejajarkan dgn orang2 tua yg alim,”begitu kira2 pemikiran saya waktu itu.

Pas jaman SMA jg begitu. Sbg anggota dr ekskul kerohanian Islam, otomatis bnyak temen d sekitar saya yg giat beribadah. Mulai dr ngadain kajian, sema’an Quran (baca Quran sehari semalam sampe selesai), sampe pesantren kilat. Dulu sih saya nggak sempat mikirin yg aneh2. Jd ya dlm kacamata saya kriteria pelajar SMA yg baik itu ya cuma 2 : rajin belajar & beribadah, haha..  Dan saya baru sadar ketika ketemu dgn temen2 lama baru2 ini, bberapa dr mereka bilang,”….soalnya Ima dulu jarang ikutan main sm temen2 sih. Kan dia dulu anaknya pinter & pendiem.” Huahaha… asli deh, klo ndengerin komen kayak gt sekarang, ini bikin ngakak. Ya mungkin dulu emang (sdikit) pendiam, tp gak cupu2 bnget kok. Masih ngerti prkembangan dunia anak muda jg, hehe..

Trus balik lg k masa 2-3 tahun yg lalu td ya… Itulah awal2 keresahan saya. “Yah, udah mulai masuk Ramadlan, pasti deh ritual2 ‘khas’ Ramadlan itu datang lagi. Habis itu akan ditinggalkan bgitu saja lg seperti tahun2 sebelumnya.” Bisa dibilang saya sedih lho waktu itu. Sediih, krn ibadah kok dianggap sperti main2? Ibadah kok sifatnya jd musiman gt? Emang esensi ibadah apaan sih? Beberapa orang d sekitar saya yg sholat wajibnya bolong2, ketika Ramadlan malah jd rajin tarawih di masjid. Knapa begitu? Saya pikir mungkin itu karena prbedaan pemahaman soal “nilai2” ibadah.

Seorang teman saya yg non muslim prnah bertanya, dgn rasa keingintahuannya yg luar biasa, “Ima..Ima, sholat wajib itu apa aja tuh namanya? Klo tarawih itu apa, wajib jg ya?.” Hmm, saya paham sih kenapa dia smpe ngerasa klo tarawih itu wajib. Soalnya hampir d semua masjid klo pas malam Ramadlan emang ramai dgn jamaah. “Enggak sih, tarawih itu gak wajib sbenernya. Cuman mungkin krn tarawih itu tempatnya di masjid yg merupakan tmpat publik, kadang orang nganggep tarawih itu lbih pnting dripada sholat wajib yg seringnya dkerjain sndirian d rumah”, begitu kurang lebih jawaban saya, entah bs bikin dia puas ato gak, hehe..

Yaa begitulah, mngkin emang masih bnyak orang yg brpikir bhwa untuk beribadah sebaiknya diketahui bnyak orang. Klo cuman urusan antara dia & Tuhan, kagak ada asyik2nya lah. Pndapat kayak gini gak seratus persen bener, tp gak seratus persen salah jg. Dlm agama Islam jg ada tuntunan untuk beribadah secara berjamaah, krn dgn demikian pahalanya akan berlipat. Klo saya sih gak trlalu nilai pahalanya ya, saya lbih lihatnya jamaah itu bs mnjadi jalan myebarkan kebaikan. Kn klo jamaah tuh misalnya yg 1 orang lg gak konsen sholatnya, bs di-backup sm yg lain. Misal pas dia lupa udah sholat brapa rakaat, dia kn bisa ngliatin temen2 d sebelahnya tuh, bs nyontoh dr mereka, hoho…

Pemahaman yg sdikit masa bodoh dgn pahala trnyata mndorong saya untuk tdk lagi giat dlm beribadah tarawih d masjid (mndorong kok dlm kemalasan, apa2an ini?). Ya sih, mngkin d mata orang2 alim kondisi saya ini biasa disebut dgn futur (kemunduran dlm iman). Skarang nih ya, entah kenapa rasanya tuh biasa aja gt klo liat orang2 beramai2 ke masjid untuk tarawih. “Oh ya, mereka mau tarawih ya? Ok deh, tp kn saya lg makan, selesein dulu lah. Tarawih kn bisa ntar2 malem, gak tarawih jg gak papa.” Alhasil, dlm sebulan ini bisa diitung deh brapa kali saya tarawih d masjid, berapa kali tarawih di kos, & seringnya sih malah gak tarawih, hehehe…. Udah gt gak ada niat pula untuk baca Quran. Klo liat2 Quran sih masih pernah, klo tiba2 lg penasaran dgn suatu topik. Tp ya cuman gt deh, dibaca sambil lalu, bukan yg bener2 dibaca sampe beberapa juz sbagaimana orang2 rajin.

Fyuuh, ya itulah pengakuan dosa saya teman2. Makanya saya bingung dgn definisi “kembali pd kemenangan”, tagline-nya lebaran itu. Kemenangan yg seperti apakah? Klo kemenangan ditentukan dr kuantitas ibadah, jelas saya kalah. Saya benar2 tdk terdorong untuk membuat target2 ibadah. Bagi saya, ibadah itu slow aja, mengalir aja. Saya cuman beribadah klo pas pengen. Terutama ibadah sunnah ya, klo wajib sih insya Allah masih jalan (entah jalannya lurus ato nggak, hehe).

Demikian pula dgn maaf-memaafkan. Definisi minta maaf & memberi maaf itu yg seperti apakah? Apakah cukup hanya dgn menemui tetangga/sodara satu per satu? SMS teman satu per satu? Ato nyetatus/nge-twit sepanjang lebaran? Pernah saya berpikir, kondisi ini kok menarik ya klo disebut sbg “hari minta maaf nasional”, sebuah kondisi langka dimana minta maaf mnjadi hal yg begitu lazim & mudah untuk dilakukan. Klo pd hari biasa terkadang kita susah untuk mngakui bhwa kita salah pd orang lain, maka d hari itu minta maaf & memaafkan mnjadi hal yg istimewa, bhkan smpe dirayakan dgn makan2 & bagi2 salam tempel.

Hmm, trus saya kepikiran lg. Lalu apa bedanya dgn hari valentine ya? Pd hari itu kn cinta & kasih sayang begitu diistimewakan, tp orang2 bnyak yg bilang klo itu tuh gak penting, itu tuh haram. Toh kasih sayang kn bisa tiap hari, ngapain pake dibikin satu hari secara khusus begitu? “Yee, klo jawabannya kyk gt apa bedanya dgn hari raya? Bukankah minta maaf jg bisa tiap hari? Apakah krn hari raya itu milik umat Islam makanya gak ada yg mncoba untuk mengkritisi?” (celetuk saya versi bawel).

Saya cuma tdk ingin hari raya kehilangan esensinya, meski saya jg ga tau pasti esensinya apaan menurut Tuhan. Saya gak ingin orang2 menilai “kemenangan” hari raya hanya dr pertanyaan, “Puasanya penuh gak? Baca Qurannya sampe khatam gak?”, smentara jarang yg bertanya,”Bagaimana dgn hatimu? Apakah sudah lebih tenang & ikhlas? Apakah sudah lbh mampu untuk berpikir positif tntang orang lain? Apakah kamu siap mnjadikan momentum ini sbg jalan untuk lbih berani meminta maaf & memaafkan d kemudian hari?”. Jarang yg bertanya tntang “kemenangan hati.”

Begitulah…. Saya menikmati hari raya & segala “ritualnya” dgn bahagia & saya harap smua orang jg demikian. Disini saya cuma pengen berbagi pemikiran kok, tdk bermaksud untuk menghakimi sesuatu, hanya mncoba mengajak teman2 untuk melihat saya dlm “kacamata” lain. Mungkin teman2 punya “kacamata” yg lebih bagus, yg bisa memperkaya mata2 batin kita. Mari berbagi hikmah & saling mendamaikan hati ^_^ Thank God for the lesson of Ramadhan & Eid!.



1 komentar: