Kamis, 15 November 2012

Kritikan-kritikan yg Semakin Membuatmu Cantik ^^



Setiap orang punya cara untuk menjadi cantik. Bisa dengan rajin nyalon. Rajin mengikuti mode. Rajin fitness. Bisa juga dengan rajin belajar (biar bisa jawab pertanyaan kalo ikut kontes kecantikan :D). Kalo saya sih mm…. apa ya? Bagi saya, salah satu cara untuk (merasa) cantik adalah dengan membuat note, wiiddiih…. Apalagi kalo note-nya bisa bikin orang senyum2 sendiri (entah tersenyum karena terpesona dgn tulisan saya ato karena menganggap tulisan saya gak mutu), waah rasanya banggaaa bangeets…. Semacam meningkatkan harga diri saya sebagai manusia, huhuhu……

Oke deh. Sekarang saya lagi pengen (merasa) cantik nih. Saya awali dgn curhat dulu ya. Sori kalo melibatkan emosi2 yg gak bener. 

Yak, kali ini tentang kritikan. Entah saya harus bersyukur ato meratapi nasib ya, yg jelas akhir2 ini saya menjadi sensitif dgn kondisi2 yg (saya anggap) merendahkan saya. Kalopun bersyukur, itu karena saya merasa sudah semakin bisa mengenali emosi. Dulu saya merasa bangga dengan perasaan saya yang datar2 aja karena dulu saya pikir itu adalah pertanda bahwa hati saya sudah baik. “Ngapain sih orang itu ngributin bete, jengkel, marah sama orang lain?. Ah, berarti emosi orang itu kacau tuh, labil. Kalo saya jadi dia, ya udahlah ngapain juga ngurusin perasaan-perasaan nggak enak begitu? Mending juga berdamai dgn diri sendiri. Kan ajaran Mahatma Gandhi begitu.”

Ayeyee… Ima…Ima…. Gaya bener lu mraktekin sok jadi Mahatma Gandhi. Emang Mahatma Gandhi menerimamu sbg muridnya? Duuh, pergi aja ke laut lu Ma, sana bermain sama ikan2. Gak usah balik2 ke daratan kalo belum selesai berproses. Kamu belum layak menjadi manusia!

“Loh…loh… saya nggak mau dong disamain kayak ikan2? Kalopun disamain yaa tinggian dikitlah.. putri duyung gitu, yg wajahnya agak bisa dilihat. Eh..eh.. saya kan angel, gak boleh marah2 gitu. Maaf..maaf (sambil benerin rok, duduk ala putri).”

Naif banget lu Ma…. Lu pikir dgn bergaya sok malaikat begitu orang2 jadi respek sama kamu? Iih, ngimpi kallee….. Perilakumu itu Ma, perilakumu itu belum nunjukin kalo kamu tuh angel. Angel di mulut doang, tapi secara penampilan ternyata nggak bisa ngapa2in. Lu nggak malu apa bilang angel ke sana ke mari ke orang2?

“Aaaaahhhhhh…….. Hentikan semua omong kosong ituu…… Cukuuup!!!! Saya tidak mau lagi berurusan denganmu. Sekali angel tetaplah angel. Husssh… Pergi sana kau dari kehidupanku. Kau hanyalah makhluk pembuka aib. Enyah kau dari dunia inii!!!”
………………….

Singkat cerita, sejak saat itu Ima pun mulai sering berbicara sendiri, melamun, keluyuran malam2, berteriak-teriak, dan membanting barang2. Jika anda menemukan Ima di tengah jalan, segera bawa ia ke kantor dinas sosial, RSJ, atau kantor polisi terdekat. Sekian berita kriminal hari ini. 

Looh…looh jadi ngelantur. Iya teman2, itu adalah refleksi saya sendiri, dan kisah di atas pun adalah adegan sinetron yg saya bikin sendiri. Jadi jika terjadi kesamaan nama dan situasi, percayalah, itu memang sengaja dibuat, hohoho…..

Hmm.. Yang di atas itu adalah kisah antara lucu & nggak lucu sih. Lucu karena bisa bikin kucing2 tertawa (sbenarnya sih mereka nggak ketawa, tapi saya paksa, biar kelihatan kalo cerita ini lucu). Nggak lucunya karenaa….. Hmmm, itu sebenarnya cerita sedih sih. Cerita yg menyedihkan sekali. Kau tahu kenapa? Karena dalam kisah itu ada diri saya yg “tidak waras”, ada diri saya yg memakai “topeng”, ada diri saya yang (dipaksa untuk) mengalah. Diri saya yang kelihatan sok kuat juga, padahal aslinya lembek, lemah, lunglai, kayak kain basah yg tinggal menunggu dijemur, tapi berhubung nggak ada yg mau ngangkatin tuh kain jadinya ya dibiarin aja teronggok di bak. Ada diri saya yg butuh untuk ditolong orang lain………….

Dan di akhir cerita itu, seperti yg sudah saya sampaikan di atas, saya berubah menjadi gila teman2…. Bukankah itu mengerikan? Hmmm, saya yg dulunya cantik akhirnya menjadi kotor gak karuan? Bahkan ditengok orang lain pun tidak. Dianggap sebagai orang pun tidak. Itu karena kesalahan yg saya buat sendiri. Karena saya yang nggak mau menjadi diri saya sendiri. Karena saya yg nggak pede kalo kelihatan jelek di depan orang. Karena saya yg selalu ingin mencari tempat aman dalam semua kondisi. Karenaa…. Karena saya yg nggak sayang sama diri sendiri. 

Hiks, menyedihkan ya. Gila yg diakibatkan oleh diri sendiri. Kira2 kalo Tuhan lihat saya kayak gitu di masa depan, Dia mikir apa ya? Jangan2 Dia menyesal, “Haduuh Ima, kalo tahu gitu harusnya Aku nggak usah nyiptain kamu di dunia ini. Sedih saya sbg Tuhan melihat kamu begitu. Hiks…hiks…. Udah diciptain jadi makhluk paling sempurna, eh ternyata masih bertindak bodoh banget. Harusnya Aku bikin kamu jadi kucing aja Ma, lebih menghemat tenaga. Tau nggak sih, bikin manusia kayak kamu 1 aja tuh susaaah bangett, capeek bangeet. Kok kamu nggak menghargai kerja kerasKu sih?”

Hikkss….. peluk Tuhan, puk…puk….. Eh salah, peluk diri sendiri. Tuhan mah kagak usah dihibur orang udah bisa senyum sendiri dgn sangat manis. Gak kayak kamu Ma, kamu butuh waktu berjam-jam, bahkan sampe berhari2 untuk bisa bangkit dari keterpurukan. 

Mengenai kritikan, ngomong2 seberapa seringkah teman2 dikritik? Saya sering banget, hoho… apalagi pas PKP di puskesmas ini. Seriiing bangeet (berkata dgn bangga). Hmm…. Awalnya sih nggak kerasa. Ya biasa aja gitu dikritik sekali. “Oh, tenang aja, kesalahanku cuma satu kok.” Eh besoknya dikritik lagi, eh besoknya lagi dikritik lagi, eh besoknya dan besok2nya hingga everyday dikiritik lagi. Menyingkir dari peradaban, masuk ke gua, “Wuaaaa…… saya nggak kuat lagi. Apakah saya sangat bodoh? Apakah saya sedemikian tidak layaknya jadi psikolog? Wuuaa….. mana sumur, mana sumur? Kalo gak ada, jurang deh. Ato kuburan aja sekalian.” 

Jleb…jleb…jleeb…… Hingga suatu ketika pertahanan saya tidak kuat lagi. Saya hanya bisa terbaring di tempat tidur, lalu duduk memandangi laptop, mencari2 MP3 yg sekiranya bisa memunculkan semangat. Begitulah…. Dan keesokan harinya saya pun berangkat ke puskesmas dgn perasaan was-was. Saya pandangi orang2 sekeliling saya. Memberanikan diri untuk menyapa mereka…. Serta mencoba untuk mencari topik2 pembicaraan, meskipun agak garing. “Haduh, ya baiklah. Saya langsung masuk ke ruangan psikologi aja, menyepi, pura2 bikin laporan, ato sok sibuk apalah, yg penting bisa menghindari munculnya kembali komen2 negatif.” 

Cara ini cukup efektif. Tapi tetep aja gak efektif total. Yg namanya ketakutan itu semakin dihindari akan semakin mendekat. Eiitss… hingga pada suatu hari pun saya berada dalam kondisi dimana saya harus duduk manis mendengarkan kritikan2 lagi. Dalam hati sih pengeen bangeet masuk ke dalam sumur ato lari ke jalan raya, tapi mana mungkin? Kok nggak keren ya kalo tiba2 ditemukan mahasiswa PKP mati konyol di depan puskesmas karena ditabrak truk akibat depresi pasca dikiritik? Huahahaha…

Oke deh, saya paksaaa diri saya untuk terus duduk manis. “Ayo Ima, kamu pasti kuat. Kamu pasti kuat mendengar komen2 itu”. Yaa, saya coba memandang mata orang yg mengajak saya bicara. Saya perhatikan lagi dgn seksama. Hingga saya pun bisa berpikir,”Waah, ternyata orang ini keren sekali ya? Bisa mengamati tingkah laku saya dgn semendetail itu? Gilee dah, perhatian banget. Ternyata setelah diliat2 dia juga manusia biasa kok. Jadi kenapa saya harus takut ya?” 

Plokk…ploook…plook….. insight yg bagus Ima. Saya pun akhirnya menyadari bahwa untuk menjadi kuat kita memang butuh sekali2 mendapat “terapi kritikan”. Jadi bukan cuma “terapi pujian” yg bikin pribadi kita semakin bagus. Bersyukurlah, ternyata ada lho orang yg masih perhatian sama kita, orang yg melihat kita dari berbagai sisi, orang yg nggak membiarkan kita berjalan sendiri dgn tetap memikul “keburukan” kita. Yaa saya akhirnya bisa melihat dari sudut pandang lain. Memang sih dikritik itu menyakitkan, memang sih butuh waktu untuk bisa bangkit lagi, tapi dari situ saya jadi lebih bisa menghargai perasaan orang lho. Akhirnya ketika ada klien yg datang untuk cerita tentang kejengkelannya pada orang lain, yeeii… saya pun bisa merasakan penderitaannya. Ternyata memang menyakitkan ya dikritik itu, hihihi….. Oh, gini tho rasanya? 

Saya menjadi kaya dgn berbagai kritikan. Dan itu sangat keren. Berarti memang banyak orang yg perhatian pada saya, mereka nggak ingin ketika saya keluar dari puskesmas nanti saya masih jadi orang yg suka bingung, suka nggak pede, suka pakai “topeng”, tampaknya mereka nggak rela saya jadi psikolog yg sekedar gelar. 

Manusia dikritik itu wajar. Justru yg nggak wajar itu adalah ketika dia nggak pernah dikritik, atau dibicarakan orang lain lah. Itu tandanya keberadaannya sbg manusia belum diakui secara penuh. Kenapa kita dibicarain orang? Karena kita pernah membuat suatu “cerita” dgn orang tsb, karena kita pernah berinteraksi dgn dia. Itu sifat alami manusia lho, menganalisis manusia lainnya. Mungkin saya lagi dibicarain orang lain, tapi saya pun juga ada kebutuhan untuk membicarakan orang tsb, jadi ya gitu deh, bolak balik. Hehehe…. Nggak ada yg perlu disalahin, nggak ada yg perlu merasa rugi. Malah kita bisa menampung cerita dari berbagai sudut pandang. 

Ya gitu deh teman2. Akhirnya saya sekarang pun berani mengatakan bahwa: Kritikan itu menjadikan saya semakin cantik, sebagaimana menulis. Ketika ada yg bilang saya salah, evaluasi lagi, pikirkan lagi, apa yg membuat orang beranggapan saya begitu. Saya memang nggak bisa mengontrol keadaan. Nggak mungkin saya membuat jaminan kalo saya sudah berusaha berbuat baik pasti nggak akan ada yg mengkritik lagi. Siapa tahu kritikan kemudian datang dari orang yg belum kenal saya, yg menganggap saya sombong bla..bla..bla… 

Hidup itu misteri. Kita nggak akan pernah tahu besok kita akan mendapat pujian ato cacian. Yg bisa kita lakukan hanya berusaha berbuat seimbang. Ketika mendapat pujian nggak boleh terlalu senang, ketika mendapat cacian nggak boleh terlalu sedih. Selamat menjadi cantik dgn proses hidup temaanns ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar