Minggu, 04 November 2012

When Happiness Isn't Yours


Setiap orang di dunia ini pasti ingin bahagia. Saya, anda, dia, mereka, dan orang2 yang tidak kita kenal pun pasti juga ingin bahagia. Hmm… emang sebenernya bahagia itu apa sih, kok pada ingin mendapatkannya? Hoho… disini saya sedang tidak mau memberi materi kuliah ya, jadi tidak usah membahas definisi kebahagiaan menurut para ahli psikologi dan sosial. Kali ini adalah definisi kebahagiaan menurut saya aja ya, anggap saja saya ini juga ahli, ohoho….. (ahli tidur kali :p).
Bahagia itu adalah……….. Beberapa orang sih bilang kalo bahagia itu sederhana aja. Melihat senyuman seseorang aja bisa berarti kebahagiaan lhoo. Saya sih sependapat juga dengan mereka, karena memang cara berpikir saya sederhana aja, gak bisa tuh mikir yang terlalu rumit, IQ-nya gak nyampe, hehe. Kalo dulu sih mungkin ketika ditanya apa itu bahagia, jawaban saya agak panjang kali lebar. Jaman-jaman dulu, jaman saya masih agak pinter, jaman dapet nilai 8 hingga 10 masih gampang. Kalo sekarang sih, dapet nilai B aja rasanya harus banting-banting tulang (IQ berkurang seiring pertambahan usia #plaak).
“Bahagia itu banyak. Bahagia itu ketika saya bisa belajar dengan rajin, nilai-nilai saya bagus semua, saya bisa dikenal banyak orang, saya bisa menang lomba-lomba bergengsi, bisa masuk ke universitas favorit, habis tu apa lagi ya? Hmm…. Bisa ke luar negeri juga mungkin. Pokoknya pengen banget bisa keliatan jadi “tokoh pinter” di masyarakat luas gitulaah…. Trus apa lagi ya? Dapet pacar ganteng? Yaa..bolehlah, pacar ganteng, pinter, dan berbakat jadi pejabat di masa depan. Ah ya pekerjaan yg menyenangkan sekali, jadi istri pejabat, kagak usah ngantor tiap hari, kegiatannya cuma belanja, arisan, dan nyalon.”
Serius tuh Ma, itu pikiranmu jaman masih pinter? Itu pikiran bodo juga kalii… Oh gitu ya? Berarti dari dulu sampe sekarang saya gak pernah bener2 pinter dong ya? Itu hanya pikiran semu saya. Wah…wah….kacau deh, haha….. Tapi ya udahlah, saya gak mau mbahas saya pinter ato gak, itu tidak menambah tingkat kecantikan saya (cepat Ima, istighfarlah dari segala penyakit narsis).
Haduuh…haduuh, udah ah ngaconya. Mari kita bahas jawaban-jawaban saya di atas secara agak serius. Dapet nilai bagus, dikenal banyak orang, menang lomba bergengsi…. Itu adalah standar kebahagiaan saya jaman sekolah dulu. Mungkin sudah terwujud sih beberapa, tapi tidak dalam skala besar, shg saya pun tidak begitu mengakui kebahagiaan saya. Dan tetap saja hal tsb tidak pernah besar jika dibandingkan dengan “kebahagiaan” kakak saya, huhuhu…. (maklum pas jaman sekolah dulu saya ceritanya sibling rivalry gitu). Jadi dulu dalam kacamata saya ketika seseorang nilainya bagus, dikenal banyak orang, dan menang lomba bergengsi itu pasti hidupnya bahagia. Padahal kalo dipikir2 sekarang kayaknya gak juga deh. Soalnya selama sekolah dan jadi anak pinter itu badan kakak saya selalu kurus kerempeng. Itu kan menunjukkan kalo kesejahteraan otak tidak sebanding dengan kesejahteraan badan (wuaa, habis ini sungkeman jarak jauh ah sama kakak saya. Dijadiin tokoh dalam note gak pake izin lagii… :D).
Seiring dengan berjalannya waktu, saya mikir lagi,”Hmm…iiya sih, jadi orang pinter dan sukses itu memang memberikan kebanggaan tersendiri bagi siapa pun yg  mendapatkannya. Dan itu memang salah satu syarat untuk menjadi bahagia. Kalo orangnya aja gak bangga dengan dirinya sendiri, mana mungkin dia bahagia? Oh ya, berarti yg terpenting di sini adalah rasa bangga, bukan rasa (sok) pintar itu.”
Kalo di sinetron-sinetron ada kata2 seperti ini: “Aku bahagia kok meskipun tidak hidup bersamamu. Asalkan kamu bahagia, maka aku pun juga bahagia.”
Nah loh, itu pertanda orang itu bangga dengan dirinya atau putus asa ya?
Lalu seiring lagi dengan waktu yang terus berjalan-jalan, saya pun semakin bisa melihat bahwa standar hidup orang2 itu beraneka ragam. Rasanya amat sangat egois jika saya hanya berkutat dengan standar kebahagiaan yg saya buat.
Alkisah, saya punya seorang pembantu yg sangat setia, sebut saja namanya YT. Usianya mirip dengan ibu saya, lebih tuaan 2 tahunan mungkin. Usia yg sudah kurang produktif sebenarnya untuk menjalankan tugas sebagai pembantu. Kenapa saya sebut setia? Yaah, bayangin aja, dia sudah rela menghabiskan waktu sekitar 18-19 tahun untuk bekerja di keluarga saya. Sejak saya masih imut2 sampe….. ya saya masih tetep imut kok sampe sekarang, hoho. Entah apa yg membuat dia begitu betah kerja di rumah saya. Saya pikir sih bukan karena masalah gaji, bukan juga karena saya memborgol dia sehingga dia nggak boleh kabur dari rumah.
Pada suatu ketika pas saya lagi ngobrol2 dengan dia terkuaklah rahasianya tentang “sesuatu” yg membuatnya merasa nyaman di rumah saya. Apakah itu?? Jreng….jreenggg…….
“Dik Ima, dulu pas pulang sekolah jaman SPG tuh kan aku naik sepeda sendirian. Tau nggak apa yg ada dalam pikiranku? Kok waktu itu aku malah gak kepikiran ya pengen jadi guru yang sukses. Aku tuh malah mbayangin, waah kayaknya enak deh kalo nanti aku kerja di rumah orang, orangnya itu punya 2 anak yg baik2, pinter, & penurut. Ternyata Tuhan mengabulkan keinginanku ya! Sekarang udah kesampean deh cita-citaku.”
Whaattt???? Appaa??? Oh, God. Ternyata di dunia ini ada ya cita-cita yg sesimpel itu? Waktu itu saya hanya tersenyum mendengar perkataan YT. Kok ada ya orang seperti YT yang menganggap bahwa pertemuannya dengan keluarga saya adalah sumber kebahagiaan? Ck.ck..ck…. Padahal kalo dipikir2 saya juga belum baik2 amat berperan jadi majikan.
Saya pun membandingkan dgn target kebahagiaan saya. Haduuuh, kebangetan deh kalo saya yang udah diberi kesempatan sekolah setinggi ini masih nuntut kebahagiaan yg aneh2. Bisa berada dalam kondisi sekarang aja nih udah beruntung banget lho, gak semua orang bisa kayak saya. Di desa2 tuh masih banyak yg cuma lulusan SD dan SMP (pengalaman di puskesmas).
Terserahlah ntar pekerjaan saya apaan, gak usah yg harus menduduki posisi penting apa gitu. Mengalir aja, yg penting bekerja sesuai panggilan hati.
Trus mengenai jodoh? Yaa sudahlah, saya gak nuntut harus dapet pejabat juga. Apapun bolehlah, yg penting “sejiwa” dgn saya, ohoho……
Itupun kalo Tuhan masih berkenan ngasih saya pekerjaan lho… Itupun kalo Tuhan masih berkenan ngasih saya jodoh lho…. Kalo nggak? Kalo Tuhan berkenannya saya pergi dari dunia dalam waktu dekat ini gimana? Atau kalo Tuhan berkenannya saya masih tetap di dunia tapi mengalami sesuatu yg “buruk” hingga menghalangi saya memperoleh semua target saya gimana?
Kesadaran inilah yg membuat saya semakin bisa “menyederhanakan” standar kebahagiaan saya. Menjalankan profesi saya dgn baik tentu menjadi rencana masa depan saya. Demikian juga dgn membina rumah tangga yg baik, itu jg rencana masa depan saya. Tapi kematian juga masa depan saya. Apakah bayangan tentang kematian kemudian membatasi langkah saya merancang masa depan di dunia? Di satu sisi mungkin iya, tapi di sisi lain hal itu justru membuat hidup saya lebih santai. Saya jadi gak terlalu pusing mikirin masa depan sampe ke anak cucu, karena segala sesuatu sangat mungkin berubah. Apa yg terjadi besok adalah apa yg sulit terprediksi dgn tepat. Hari ini mungkin saya bahagia, tapi gak ada yg menjamin kalo besok saya masih akan bahagia. Hari ini mungkin ada orang yg merasa sangat menderita, tapi gak ada yg menjamin juga kalo besok dia tidak bisa berbahagia.
Kebahagiaan itu anugerah. Ketidakbahagiaan sebenarnya juga adalah anugerah. Karena tidak mungkin kita menciptakan kebahagiaan tanpa izin Tuhan. Tidak mungkin juga kita mengalami ketidakbahagiaan tanpa izin Tuhan. Keduanya adalah “makhluk” berpasangan. Tidak mungkin ada istilah bahagia, jika ketidakbahagiaan tidak diciptakan.
Ketika kebahagiaan adalah milik kita maka syukurilah dan ingatlah bahwa ada ketidakbahagiaan yg membersamai orang lain. Ketika kebahagiaan adalah bukan milik kita, maka syukurilah dan ingatlah bahwa ada kebahagiaan yg sedang bekerja untuk orang lain. Tidak ada manusia yg diciptakan lebih bahagia atau lebih tidak bahagia jika Tuhan memang Maha Adil. Mungkin yg ada hanyalah manusia yg kurang mampu melihat lebih “dalam” keadilanNya.
Fyuuuh…. Panjang ya note saya? Hehe… Trima kasih bagi yg udah mau baca sampe selesai. Yg sekedar melirik pun jg saya ucapkan trima kasih. Semoga bisa saling memberi hikmah ya temans… 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar