Kamis, 10 Januari 2013

Happy Birthday to Us



Hmm, ini hari apa yaa? Ini hari kamis, ihihi…… ehm. Sejatinya ini adalah tanggal yg sama dengan yg tertera di akte kelahiran saya. Kata orang-orang sih kejadian semacam ini lazim disebut dengan ulang tahun. Ngg..jadi ya anggap saja saya ulang tahun.

Iiih aneh sebenernya. Ini adalah pertama kalinya saya mem-publish hari ulang tahun saya di muka umum sejak saya bikin facebook dari 4 tahun lalu. Alasan saya sih nggak mau ribet. Biasa kan, orang ultah tuh pasti diselamatin banyak orang, trus ditodong dimintain traktiran. Apalagi kalo di facebook, aw…aw… pasti pada antri nge-wall. Itu kalo artis ato orang terkenal yg ultah sih. Tapi kalo sayaa, ada yg mau ngucapin sih sudah syukur alhamdulillah banget yaa, masih ada yg mau mengakui saya sebagai manusia, huhu.. (#lebay)

Well, kali ini saya ingin ber-eksperimen. Saya ingin merasakan “sensasi” yg berbeda. Siapa tahu ini hari ulang tahun terakhir saya. Pengen memberikan sesuatu yg berkesan buat diri saya sendiri. Bukan biar diselamatin banyak orang, bukaan. Melainkan pengen memberikan diri sendiri sebuah momen, agar dia lebih dapat mensyukuri sesuatu. Ya bersyukur sih emang bisa setiap hari. Tapi kalo ada momennya tetep aja rasanya beda. Itulah sebabnya kenapa nenek moyang kita dulu susah-susah bikin kalender, susah-susah ngamatin matahari, susah-susah masukin pasir ke botol buat dibolak-balik? Itu semua sebagai penunjuk waktu, temans. Coba kalo segala hal yg terjadi di dunia ini gak pernah diamati dan dicatat dalam sebuah penghitungan waktu, maka kehidupan kita akan benar-benar seperti air yg mengalir dengan santai. Nggak ada deadline tugas, nggak ada deadline kerjaan, ngerjain apapun bisa seenak hati. Nah yg susah kalo mau janjian sama orang tuh. Karena gak ada jam, orang pertama mengusulkan ketemuan pas matahari terletak di atas kepala. Eh di tempat orang kedua ternyata lagi mendung, gak kelihatan mataharinya deh. Akhirnya kedua orang itu pun tidak saling bertemu hingga akhir hayat. Padahal pertemuan mereka sebenarnya untuk menyatakan perasaan cinta, hiks..hiks….  Lho kok jadi film tragis begini? 

Terbukti kan bahwa kehadiran momen atau waktu itu begitu penting. Bukan sekedar untuk dirayakan, tetapi untuk memudahkan kerja otak kita. Kalo ada tanggal-tanggal kan enak tuh, kita tinggal menyebut sebuah angka untuk menandai peristiwa tertentu. Coba kalo misalkan ditanya, “Kamu lahirnya pas kapan?” Trus dijawab,”Ooh itu, pas hujan-hujan di suatu sore, zaman-zaman lagu Koes Plus masih terkenal.” Zziing…nggak sistematis banget kan? Gimana coba nulisnya di KTP kalo keterangannya panjang begitu?  

Udah ya ngomongin jamnya. Sekarang kita ngomongin yang lain yuk, ngomongin cowok #ditabokmassa. Hoho, ya udah deh ganti deh, karena ceritanya saya lagi ulang tahun, maka saya mau ngasih kado yg agak elegan lah buat diri saya sendiri. Nih, Ima. Saya bikinin kamu note ya! 

Yeaah, kali ini temanya tentang birthday ^^. Hoi….hoi…. anda semua yg lagi baca note ini. Ni pada nyadar nggak sih kalau anda semua nih sekarang juga lagi ultah? Laah kok bisa? Aah.. Ngaco nih Ima.

Hoi…hoi… dibilangin kok. Kemaren kan udah sempet “mati suri” tuh. Inget nggak? Kemaren malem, pas lagi berbaring di atas kasur. Hoho.. Tuh kan, dunia nggak kelihatan berwarna-warni. Yg tampak hanyalah hitam dan hening. Kalaupun ada yg merasa bertemu cowok cakep dalam kegelapan dan keheningan itu, percayalah, itu semua hanyalah ilusi, hehe….. 

Lalu..lalu….beberapa jam kemudian perlahan mata pun mulai terbuka. Kriyipp…kriyiip…. Huahem, sambil menggeliat. 

Uwaaa……selamaat yaaa! Anda terpilih sebagai manusia yg berhak hidup hari ini. Bukankah itu mengagumkan? ^^ Dari berjuta makhluk yg ada di dunia ini, anda termasuk salah satu yg diberi kesempatan hidup lho. Sementara itu berjuta makhluk lainnya seperti ayam, bebek, kambing, sapi, ikan lele, ikan gurameh, dll udah banyak yg pada mati lho karena kekejaman nafsu lapar manusia. Sementara anda wooo…. Anda masih bisa bersantai dengan enaknya. Nonton tivi, fesbukan, ngopi2, nglamun2, ngetik2, sms-an, bbm-an. Percaya deh, itu adalah hal yg tidak mungkin dilakukan oleh makhluk-makhluk mati yg saya sebutkan tadi (ya iyalah Ma, sejak kapan hewan-hewan itu bisa melakukan aktivitas sebagaimana manusia. Blo’on banget ngasih contohnya). 

Okelah seriusan dikit. Temen-temen udah berapa lama tinggal di dunia ini? Pernah menjumpai peristiwa kematian kan? Kematian saudara, kakek, nenek, om, tante, tetangga, teman, dll. Huumm, gimana rasanya ketika melihat orang yang kita kasihi pergi mendahului kita? Pasti sedihlah…. Kalo boleh protes sama Tuhan, kok Tuhan tega sih menjemput mereka meninggalkan kita ya? Padahal masih banyak lho peristiwa manis yang ingin kita rajut bersama, tapi di saat semuanya belum terwujud dengan sempurna eh kita pun harus rela berpisah dengannya dalam jarak & waktu yg tidak dapat didefinisikan.

Setelah peristiwa itu terjadi, kita mungkin akan bertanya-tanya, “Gimana ya rasanya meninggalkan dunia? Apakah mereka yg ada di alam sana baik-baik saja? Trus kapankah tiba giliran saya menyusul mereka? Hmm, kalo harus mati sekarang-sekarang ini saya belum siap, Tuhan. Tapi..tapi..waktu terus berjalan. Hitungan detik….hitungan tahun…..Hmm, bagaimana ini?”

Anda pernah takut mati? Saya juga.. Anda pernah takut semakin tua? Saya juga..  Anda pernah takut meninggalkan mimpi-mimpi yang belum terwujud? Saya juga… Huaaa…. Pokoknya kalo masalah bingung, cemas, dan takut, saya sering banget laah. 

Mmm…tapi my Lovely God selalu bilang gini pada saya ketika saya takut,”Hai, girl. Apa yg kamu takutkan dari kematian? Takut wajahmu menjadi jelek ketika dipocong dan dikubur? Hoho…. Ngapain takut? Emang itu wajah kamu? Emang itu tubuh kamu? Itu tubuh milik Saya, Ima. Kamu kan cuma pinjem, sebagai alat buat menggerakkan diri kamu. Tau nggak, kamu itu sebenernya siapa, Im? Kamu adalah seberkas cahaya yang tercipta dari rasa cinta Saya. Sebelum diturunkan di dunia, kamu adalah cahaya. Saat berada di dunia, kamu adalah cahaya. Dan saat meninggalkan dunia, kamu adalah tetap cahaya. Tidak ada yg berubah dari diri kamu.” 

Oooh, gitu ya God. Berarti dengan kata lain cahaya itu bersifat abadi dong? Sebagaimana diriMu yang senantiasa abadi?

“Yyyyaa…. Betul sekali,Ima. You belong to Me, I belong to you…. Kayak lirik lagu-lagu romantis itu. Pasti dulu kamu pikir dunia dan akhirat itu jaraknya sangat jauh yaa? Siapa yg bilang? Kamu tahu Im, betapa Saya sangat luas dan tidak terbatas. Cinta saya ada di dunia dan akhirat. Saya menguasai setiap jiwa yang “hidup” dan yang “mati”. Percayalah, Saya tidak pernah menjadi pemisah, karena saya adalah penghubung dari setiap rasa cinta. “

Waawwwww…… Langsung meleleh, tersepona dengan perkataan Tuhan. Tidak tahu lagi harus ngomong apaa… “Sumpaah deeehhh…. You rock, God! ^^

Hehe, yang baca note ini, jangan anggap saya gila ya! Perkenalkan hobi unik saya: Ngobrol sendiri dengan Tuhan. Bagi beberapa orang, mungkin ini hobi yang aneh ya? Ngobrol sendiri, dijawab sendiri. Ibadah macam apa tuh? Ibadah itu ya sholat, baca Quran, sedekah… Ibadah kok bikin note? 

Dudududu…. *kabur dari jamaah pengajian. 

Whatever you say lah, teman. Yg penting ini adalah hobi saya, yg bisa bikin saya happy, meski banyak tugas dan urusan yg belum beres, hoho.. Ngobrol dengan Tuhan tu bikin ringan lho. Kayak terbang tinggi, tinggiiiii sekali. Nggak ada lagi beban-beban yg “mencekik”. Apalagi kalo pas berhadapan dengan hal-hal yg “mencekik” pikiran dan hati. Aaaah.. rasanya pengen langsung come to God, come to God. Pengen segera berteduh ke rumahNya, nge-teh, dengerin musik, sambil berbagi cerita lucu denganNya. 

Nah, balik lagi ke kisah tentang kelahiran dan kematian. Ini berkaitan dengan waktu. Rasanya cepeet banget ya waktu berjalan. Eh, tau-tau aja udah umur segini. Kemaren-kemaren saya ngapain aja ya? Udah ngelakuin apa aja ya buat kemajuan hidup saya sekarang? Emang sih saat ini saya belum jadi orang yang baik atau sukses banget. Tapi pasti ada lah kemajuannya dikit-dikit yang patut disyukuri. 

Yuk coba teman-teman kita amati, flash back yuk ke masa kecil. Iih lucu ya pas kita kecil dulu, imut banget. Waktu itu kita (lebih tepatnya saya) masih suka nangisan. Gak ada sebab akibatnya tiba-tiba aja pengen nangis. Biasa, cari perhatian orang lain. Kan enak tuh, kalo nangisan biasanya orang-orang pada nanya,”Hai Dik Ima, kamu pengen apa?” Hihihi…

Amati masa kecil, masa pra remaja, masa remaja, masa dewasa awal, dan seterusnya sampe kondisi sekarang (kira-kira kalo tampang saya ini pantesnya remaja atau dewasa awal ya? :D). Amati masa TK, masa SD, masa SMP, masa SMA, masa kuliah, masa kerja, dll (kalo saya mengamati masa perpanjangan kuliah aja). Hmm, menarik sekali ya mengamati tubuh yang terus berkembang. Mulai dari kecil, meninggi, dan terus meninggi hingga mentok nggak tinggi-tinggi lagi. Ternyata kita memang berkembang teman, tubuh kita berkembang. Lalu bagaimana dengan cara berpikir kita? 

Saya yakin teman-teman pasti sekarang dapat berpikir dengan lebih dewasa dan matang, dibandingkan sepuluh tahun lalu, dibandingkan lagi dua puluh tahun lalu… Cara berpikir orang “tua” dong ya? Nggak boleh kekanak-kanak-an lagi? Eeeh, siapa bilang? Usia boleh bertambah, tapi sebenarnya ketika kita hidup (lagi) pada hari ini, kita memiliki usia baru lho. Hari ini, pada detik ini, ketika teman-teman masih bernafas, itu tandanya masih terlahir kembali. Nah, jadi posisinya “sama” nih antara teman-teman dengan anak usia 5 tahun, dengan remaja 17 tahun, dengan ibu-ibu 70 tahun. Karena pada detik ini, kita sama-sama diberi kesempatan untuk belajar. Yang usianya lebih muda atau lebih tua dari kita mempelajari sesuatu dari kita dan kita pun belajar balik pada mereka. 

Begitulah kehidupan…everyday is our birthday. Menyenangkan sekali bukan? Ulang tahun identik dengan kue ultah, lilin, dan orang-orang yang mengucapkan selamat. Ya, tentu saja kita bisa menciptakan suasana itu di mana pun kita berada. Kue ultah? Itu adalah setiap makanan yg masih bisa kita nikmati setiap hari. Lilin? Itu adalah matahari yg masih bersinar mengiringi langkah kita. Orang-orang yg mengucapkan selamat? Mereka adalah setiap orang yang kita temui di jalan, teman-teman yang berinteraksi dengan kita….Yah, pokoknya asal liat orang, anggap saja mereka berniat mengucapkan selamat pada kita, hehe. 

Trus kalo udah mati gimana dong? Apa masih ada yg akan mengucapkan selamat pada kita? Tenang aja, malaikat di alam sana baik-baik kok. Mereka pasti menyambut kita dengan senyuman yang manis, jadi nikmati saja party dari mereka. Kalo masih takut dengan mereka, panggil nama Tuhan 3 kali. Tuhan pasti akan datang memelukmu dengan kasih. #imajinasi liberal saya emang luar biasa bikin ngaco :D

Oke teman, selamat ulang tahun. Selamat menikmati hadiah terbaik yang diberikan Tuhan dalam setiap detik ini yaa! :)


Sincerely,



Ima

10 Januari 2013
  Di suatu detik,
dalam perenungan di sela-sela mengejar mimpi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar