Jumat, 04 Januari 2013

Behind the Wedding Wishes


Ihirr… Nih tema note saya bagus banget nih. Buat yg lagi galau dengan pasangan hidup =>nunjuk diri sendiri (eeh…). Baiklah. So, what do you think about wedding? Mari kita berbagi pendapat di sini ya, seraya berbagi kegalauan, haha…

Hmm, menikah ya? Ngg, nggak tau sih. Sampe sekarang pun saya masih suka berpikir bahwa “menikah” itu adalah bahasa planet lain. Semacam sesuatu yg masih out of my reach. Mungkin karena belum ada calon yg tepat juga ya? (haduuh, jujur banget sih saya. Jujur banget kalo belum laku maksudnya #plaak).

Saat-saat saya pulang ke rumah adalah saat-saat yang membuat kegalauan saya bertambah. Ibu saya sering menyindir secara halus, “Jadi apa yg kamu lakukan kalau malam mingguan, Ma? Nongkrong di kafe seorang diri?” Atau…. “Ma, dua tahun lagi ya! Pokoknya sebelum Ibu naik haji.”

Dududu….. Saya hanya bisa tersenyum simpul. “Iya mama, amien. Doain ya!”. Paling-paling itu yang bisa saya ucapkan. 

Iya sih, saya agak terganggu dengan sindiran2 itu. Tapi sepertinya saya memang perlu untuk disindir, biar lebih peka dengan perasaan orang tua. 

Back to zaman saya masih SD nih. Dulu kayaknya gampang aja ya ngomongin mau menikah kapan sama temen-temen sebaya. “Aku mau menikah sebelum umur 23,” kata temanku yg waktu itu kelihatan paling cantik & dewasa dibanding temen2ku yang lain. “Aku berapa ya? 25 aja deh, biar sama kayak ibukku,” jawab saya kala itu.

Ya, ibu saya dulu menikah pada umur 25, usia yg sebenarnya udah cukup telat bagi perempuan di zamannya. Saya dan ibu saya sering curhat-curhatan sejak SD. Bahkan ketika SD saya sudah punya pikiran begini,”Enak kali ya Bu jadi pejabat? Eh enggak ding, lebih enakan jadi istrinya pejabat. Kalo gitu cita-citaku nanti jadi istri pejabat ajalah.”

Ibu saya sering bilang, “Ibumu dulu tuh cantik ya. Bahkan sejak SMP sudah dilamar orang. Tapi ibumu waktu itu masih jual mahal. Belum pengen nikah muda. Terus akhirnya ya gonta-ganti pacarlah. Eh, nggak disangka-sangka malah dapet jodohnya bapakmu itu. Padahal dulu banyak pacar yg lebih cakep dari dia lho. Sebenernya ibumu dulu tuh nggak terlalu suka sama bapakmu. Tapi berhubung waktu itu ibumu udah berumur 25 dan yg kelihatannya perhatian dan serius cuma bapakmu ya udah akhirnya sama dia aja.” 

“Ooh, gitu ya Bu?” =>dengan tampang polos anak usia SD yang sering didongengin kisah percintaan.

Zaman SD dulu saya nggak pernah mikir bahwa urusan percintaan dan pernikahan akan menjadi sangat ribet. Dulu sih saya mikirnya simple aja. Kenapa harus menikah? Ya karena semua orang juga melakukannya. Sebagaimana orang yg sekolah, maka menikah pun merupakan keharusan. 

Lalu menginjak zaman SMA dan awal2 kuliah, pikiran saya mulai berubah. Kenapa harus menikah? Karena menikah itu menyempurnakan agama. Wkwkwkkk…ketauan banget temen-temen gaul saya adalah aktivis pengajian. 

Kemudian pada pertengahan dan akhir masa kuliah, setelah saya berinteraksi dengan beberapa aktivis mahasiswa, yakni golongan-golongan yang (merasa) sudah keren banget dengan kata-kata,”Hidup mahasiswa!”, pikiran saya berubah lagi. “Ehm, kayaknya asyik deh kalo bisa nemuin pasangan yang mikirin nasib bangsa. Wah, tipeku banget tuh, calon pejabat” =>impian masa kecil

Selanjutnya di masa-masa akhir kuliah, ketika hari-hari saya sudah semakin geje karena tinggal ngerjain skripsi, pikiran saya pun berubah lagi. Saat itu saya cukup sering berkumpul dengan teman-teman geng saya, tidak jarang sampai menginap bersama. Saat itulah tercetus sebuah pertanyaan menarik,”Menikah itu harus ya? Trus kalo nggak menikah emangnya kenapa? Masalah buat orang lain?” Yak, kita mulai sering membuat pertanyaan-pertanyaan kritis yang “tidak umum.” 

Sampe saya lulus kuliah pun terkadang saya masih sering membawa frame of “tidak menikah ya nggak papa.” Pun ketika saya pulang ke rumah, saya masih sering bertanya-tanya, mencari-cari alasan lagi tentang “hal apa yang membuat menikah menjadi penting.” Saya mencoba mengamati perilaku ibu saya. Saya melihat berbagai kecemasan yang muncul ketika SMS dari kakak dan kakak ipar saya nggak dibales-bales. “Huh, kakakmu ini lho Ma, kalo di-sms jarang bales. Padahal ibu kan kangen dengan cucu-cucu ibu.” Atau peristiwa paling aktual deh, yang baru terjadi seminggu lalu. “Tuh kan, kakakmu ini kalo lagi di Blitar jarang banget pulang ke rumah, lebih sering ke rumah mertuanya. Gimana nih? Padahal kan bentar lagi cucu-cucu ibu udah nggak di Indonesia. Udah akan jarang ketemunya.” 

Hmm, ternyata begitu ya kekhawatiran seorang nenek terhadap cucunya, mengalahkan kekhawatiran terhadap anak sendiri. Apalagi di usia ibu saya yang menjelang lansia, perasaan kesepian tampaknya mulai menguat. Kalo gak segera mendapat SMS balesan dari kakak saya marah, gak dibales kakak ipar saya juga marah, gak dibales dengan saya sendiri juga marah….. Ya pokoknya jadi sensitif lah, ketika ngerasa dikit aja nggak dihargai orang lain. 

“Iya nih Ma, ibu sekarang nggak ada kerjaan di rumah. Kalo kamu punya anak kan enak, ibu bisa mengasuh anakmu. Kalo masmu kan jauh, mana ntar mungkin kerjanya di luar negeri.” 

Oke deh, nih warning nih buat saya biar nggak dapet suami bule. Aww… Ntar kalo saya dibawa lari jauh sama suami, ibu saya akan semakin menderita nih. Yak, dan akhirnya saya menemukan satu poin tentang hal yang membuat menikah menjadi penting: Untuk membahagiakan orang tua. 

Mungkin terdengar klise, yang akan menikah itu kamu lho Ma, bukan orang tua. Iya sih, tapi saya kan bagian tidak terpisahkan dari orang tua. Dengan demikian ketika saya bahagia, maka orang tua pun akan bahagia. Ketika saya galau pun orang tua akan galau. 

“Nduk, dhuwe anak wadon gedhe ki koyo ancik-acik ing pucuke eri” (Nak, punya anak perempuan dewasa itu rasanya seperti berdiri di tepi duri). Begitu kata ibu saya. Rasanya semacam ada beban yang belum terlepas gitu ketika belum melihat anaknya mengakhiri masa lajang. 

Kalo saya pribadi sih mungkin bisa ya berkata,”Oke saya akan lulus kuliah dengan baik, meniti karir dengan sukses, dan setelah itu tidak butuh hidup dengan pendamping lagi.” Being single is fine.

Tapi bagi orang tua sayaa…… Saya tahu itu bukanlah hal yang membuat mereka bahagia. Melihat saya menikah, hidup bahagia bersama pasangan & anak-anak saya merupakan salah satu cita-cita yang ingin mereka capai. 

Ya, dalam hidup ini memang kita tidak hidup sendiri. Meskipun kita bisa dengan berani berkata,”Ya, hidup itu pilihan. Yang bertanggungjawab atas kebahagiaan saya ya saya sendiri.” Tappiii… Kalau saya pribadi sih saya tidak tega. Apakah ketika saya memperjuangkan keinginan saya sendiri kemudian orang-orang di dekat saya harus terluka? Tidaak.. Kalau kita bisa bahagia secara bersama-sama kenapa tidak?

Saya pernah berpikir (bahkan sampe sekarang pun kadang iya), mengasuh rumah tangga itu ribet, belum lagi kalo anak-anaknya rewel. Waaa, neraka itu, nggak bisa jalan-jalan lagi, seneng-seneng bareng temen lagi. Tapi kalo diliat-liat lagi……ya justru “keribetan” itu yang menjadi kenikmatan tersendiri. Kalo nggak, kenapa kakak saya yg lagi susah-susahnya kuliah bela-belain ngajak istri dan 2 anak balitanya yg sering rewel buat nemenin dia? Bukannya itu mempersulit konsentrasi belajar? Tapi ternyata tidak. Kehadiran istri dan anak–anak itu yg justru menjadi penyemangatnya. Maka hipotesis saya dulu bahwa untuk meraih cita-cita tinggi itu harus mengesampingkan urusan cinta akhirnya gugur :D  

Anyway, meskipun dari tadi ibu saya kesannya sangat mengharapkan saya segera ketemu jodoh, beliau tidak sampai melakukan teror untuk mengancam saya kok. Semuanya masih berjalan normal, hehe… “Ya, ibu juga nggak mau sih kamu asal ketemu cowok. Kalo asal sih tuh kenal orang-orang di pinggir jalan juga banyak. Hati-hati lho Ma, kenal cowok di Facebook juga harus hati-hati.” 

Iya mama, terima kasih atas pesan-pesannya. Dengan demikian, saya pun punya pendapat baru,”Oke deh. Saya akan berjuang menemukan cinta, di tengah perjuangan saya menuntut ilmu. Eh mencari cinta juga butuh ilmu kali.. Jadi ya sekalian aja lah, menuntut ilmu tentang cinta sekaligus mencari cinta, hahaa.”

Memang sih, saya dan ibu saya ditakdirkan memiliki kisah hidup yang berbeda. Ibu saya mengalami kisah cinta sejak usia sangat muda, adapun kisahnya beraneka ragam, mulai dari yg pahit sampe manis. Sementara saya….yah bisa dibilang kisah cinta saya sangat minim. Tapi atas izin Tuhan, kita berdua dipertemukan di dunia. Untuk berbagi kisah, sebagai ibu dan anak. Untuk berbagi pengalaman, serta berbagi wedding wishes, harapan yg menentukan kita dalam menjalani kehidupan sebagai wanita. 

Oyee, itu tadi cerita saya. Bagaimana dengan cerita teman-teman? Ditunggu sharingnya yaa! Makasiiih ^^ salam penuh cinta, hehe….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar