Senin, 07 Mei 2012

(Belajar) Mencintai secara Benar


Mencintai? Ya ya… kali ini tentang cinta & hal-hal yg menggelisahkannya.  Yup, mari kita awali dgn sebuah pertanyaan mendasar, “Siapa yg udah pernah jatuh cintaaa???.” Eiits…eiits, angkat tangannya jangan berebutan gt dong, hehe….. Ehm, jd gt ya, udah pernah jatuh cinta? Beneran? Yakin itu cinta? Jangan2 cuma nge-fan? Jangan2 cuma kagum? Hoho… sudah sudah, di sini saya gak akan mmperdebatkan definisi cinta kok.  Ntar malah memicu perang (ingat Ima, kamu kn agen perdamaian #plaak).

Yaa… apapun sensasi yg pernah teman2 rasakan, yg terkait dgn cinta (baik yg bnar2 trkait ato tman2 sndiri yg memaksa untuk mngaitkannya), saya yakin itu indah.  Hmmm…. Perasaan berdebar2 ktika mlihat “someone” (bhkan dr jarak 10 meter, yg udah pasti cakepnya pun gak klihatan), penasaran tp malah salting pas orang itu ada d dket kita (serasa pngen masuk sumur krn malu :D), ato pikiran yg tiba2 menyanyikan lagu Kangen band (itu lho, “Kamu di mana? Dengan siapa?”) yg akhirnya malah mnghantarkan pd upaya peng-KEPO-an (alias pe-NGINTIP-an) d dunia maya. #eaaaaa. Ini sih tema orang jatuh cinta versi pemalu (hyaa… gue banget :D), klo yg versi aktif agresif sih saya kurang paham ya, mungkin temen2 di sini bs mmbagi pengalamannya, hehe…

Lucu ya? Kalo dipikir & dirasa tuh aneh banget…. Kok bisa ya? Kok bisa ya sama orang itu? Padahal kn wajahnya jg biasa2 aja, pinter jg standar, kaya jg  enggak, beriman & bertakwa? Ngg.. itu sih asal dia “kelihatan” mlaksanakan ibadah aja, hehe…  Tp d sini saya gak akan mmbhas cinta yg logis & tdk logis sih.
Saya mau bhas tntang “proses” aja deh. Sadar gak sih temen2, klo dlm mnemukan “cinta” or “the right person” itu slalu butuh yg namanya proses? Proses yg dialami tiap orang bs berbeda2 sih, trgantung kebutuhan. Smakin butuh jodoh maka smakin bnyak hmbatan #looh. Bukan ding, smakin tinggi tingkat keimanan seseorang mk smakin besar ujian prcintaannya #ini tambah ngaco kuadrat.  Ehm, mksud saya smakin Tuhan mncintai kita, maka smakin “indah” proses prcintaan yg kita temui. Aih..aih…

Dlm berproses itu ada bnyak kisah. Ada yg prnah bbrapa kali mnjalin hubungan namun akhirnya hrus mrasakan btapa sakitnya putus cinta. Ada yg gak prnah pacaran, dijodohin ortu, eh langsung cocok. Ada yg berkomitmen untuk tdk pacaran sbelum menikah & memilih alternatif “syar’i” dgn tukar menukar biodata. Ada yg pengen pacaran, brusaha nyari ke mana mana, nggalau d mana2, eh tetep aja gak nemu2. Hehe…  Trus saya trmasuk yg golongan mana ya? Hoho.. itu cukuplah rahasia saya dgn Tuhan (smbil pasang gaya kalem). 

Apapun kisah yg prnah temen2 alami, saya yakin pasti penuh dgn petualangan (kayak film koboy aja). Pasti lah temen2 prnah mnceritakan kisah percintaannya (maupun kisah penggalauannya bg yg blum prnah pcaran) pd orang lain. Dan sudah bs dibayangkan suasananya waktu itu. Kadang hebooh…. Kadang lucuu….. kadang dramatisss….. kadang mngharukaaann…. Ya, bgitulah rasanya cinta, campur aduk kayak permen, permen apa ya? (mau bilang nano2 udah gak jaman skarang). Pokoknya klo mau nyari benda yg rasanya lengkap, carilah di supermarket CINTA :D . 

Hal yg prnah saya bhas brsama teman2 saya kira2 bgini: “Ih, kenapa ya urusan cinta itu bisa ribet banget. Knapa ya manusia itu suka bingung dgn perasaannya sndiri? Gak punya pacar bingung, punya pacar bingung. Belum nikah bingung, udah nikah jg bingung. Aaah… Ini maksudnya Tuhan knapa sih bikin manusia bingung dgn CINtA?”  Hmm… iya ya. Knapa jg manusia itu gak mncontoh perilaku hewan2 itu lho, yg hampir gak prnah bingung soal cinta. Setidaknya dr pngalaman saya mmelihara kucing dr kelas 2 SD smpe skarang, saya blum prnah mnjumpai tanda2 kegalauan pd kucing2 saya (kcuali klo kucing saya kyak doraemon yg bs ngomong gt, mngkin saya akan tau klo dia prnah galau, hehee..).  Yeee tp ini kan ceritanya manusia, mnusia sm hewan tetep aja beda. Bntuknya aja beda tuh, hatinya apalagi. Mskipun mungkin tujuan “dasar” dr mnjalin hubungan antar lawan jenis antara manusia & hewan itu sama: untuk mlestarikan keturunan, prosesnya tetep aja gak bs disamakan.

Manusia yg scara kodrat lbih tinggi derajatnya dr hewan tntu mendapat “materi” tntang cinta yg berbeda dr Tuhan. Klo hewan naksir seekor hewan ya langsung aja deketin, kawin, slesai deh, bsok cari lg hewan yg lbih mnggoda #eehh.. Nah, klo manusia mau mndekati orang yg mnarik hati saja sudah bnyak dinamika yg trjadi di otak & perasaan.  “Hmm… orang itu cakep sih. Tp knapa gak bawa mobil ya?, Orang itu pinter sih, tp knapa wajahnya gak “pinter” jg ya?, Orang itu alim sih, tp knapa bajunya kyak kena Bayclin smua ya? (pudar mksudnya, haha). Ah gak jd ah, tengok ‘rumput’ sbelah aja, cari yg lbih hijau & seger :D .“ Mungkin ada yg prnah mngalami konflik dlm diri sperti itu. Itu baru PDKT lho, blum lg proses2 lainnya yg beraneka ragam hingga mnghantarkan pd prnikahan. Gak bs dipungkiri, bhkan smpe keluarga udah trbentuk pun, sampe anak udah pd gede, smpe punya cucu pun, yg namanya konflik & proses pmbelajaran tntang cinta itu masih terus berjalan. 

Mngapa kita perlu belajar tntang cinta? Bukannya dgn mndapatkan pasangan yg ganteng, materi, kesuksesan, & anak2 yg pinter itu udah cukup ya? Oww… hidup tdk sesederhana itu. Memang sih hal2 smacam itu bs bikin kita bhagia, tp kbahagiaan yg akan bertahan berapa lamakah? Ya bhagia itu lagi2 pilihan. Klo saya sih pengennya bhagia itu ya klo bs selamanya, sampe saya udah gak ada d dunia ini, klo bs anak cucu saya smuanya smpe generasi terakhir bhagia. Hahhaa….. Nih prmintaan yg brlebihan gak sih Tuhan? :D 

Nah, klo kita pengen kbhagiaan yg akan kita bntuk dgn pasangan itu brjalan lama, ada baiknya kita merenungkan kmbali apa tujuan kita mnjalin hubungan. Untuk kbhagiaan berdua kah? Kbahagiaan kluarga besar? Kbhagiaan bngsa & negara? Atau kbhagiaan bg perdamaian dunia internasional? Eaaa…..
Trgantung bgaimana kita memaknainya. Boleh mmilih tujuan yg sderhana, boleh jg yg sok idealis & mengglobal. Yg penting kita tahu bgaimana posisi kita. Klo mnurut kita lbih baik mmbangun keluarga dripada mmbangun negara ya mari lakukan itu dgn optimal. Yg pnting usahakan agar stiap hubungan itu brtujuan secara filosofis, bukan  skedar hubungan mlestarikan keturunan kayak kucing saya lho. Hoho…klo kyk gt wah kacau. 

Susah sih mncintai itu, saya akui. Mencintai secara benar maksudnya. Mncintai yg tulus ikhlas, yg udah gak peduli lg akan dpt blasan ato gak. Mncintai yg slalu dpt mmbawa “non-judgemental feeling” dlm tempat teristimewa. Mncintai seseorang sbagaimana yg dilakukan oleh The Great Prophet Muhammad, Mahatma Gandhi, & Mother Theresa. Hyaa… saya tahu untuk mnjdi tokoh sperti mereka dperlukan perjuangan yg besar. Bgaimana mereka bs mmberi cinta yg bgitu luas kpd sesama dgn tdk pilih kasih? Itu pasti krn mereka telah “beres” dgn diri mereka sndiri, ketika mereka tlah brhasil mncintai diri mreka dgn sbenar2nya.  Keren kali ya, klo bs mncintai pasangan dgn cara Muhammad, Gandhi, atau Theresa, hehe… Dijamin klo smua orang sperti itu gak akan ada lg perang d muka bumi ini. Mereka brtiga emang udah gak ada d dunia ini sih, tp Tuhan sbg Maha Pemberi Cinta tetep ada. Dan krn Tuhan masih ada, saya yakin ajaran2 dr tokoh tsb sedang & akan diajarkan lg oleh Tuhan kpd kita. 

Kita mungkin pernah jatuh & bangun dlm cinta. Apapun yg kita alami, jangan pernah salahkan Tuhan. Jangan pernah jg mnyalahkan diri sndiri. Jngan pernah mngucap kata “salah”. Anggap kata “salah” tdk ada di dunia ini, yg ada hanya kata “belajar”, “belajar”, & “belajar”. Jika dianggap masih gagal ya belajar lg, toh sberat apapun msalah itu tryata kita msh hidup kan? Masih punya alasan untuk mndapat “pelajaran” skali lg dr Tuhan. Yup, mari kita trus blajar, terus berbagi, terus mengingatkan, terus mndukung, & terus mnyebarkan cinta yg (diusahakan) benar kpd orang2 d sekitar kita.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar