Rabu, 02 Mei 2012

Something about heaven, hell, & religion :D


Berbicara tentang kematian bagi banyak orang tampaknya masih merupakan hal tabu. Membicarakan kematian diri sndiri mksudnya. Klo membicarakan kematian orang yg sangat tdk disukai, mungkin bg pihak2 tertentu itu malah topik yg menarik, hehe….. (atas nama perdamaian, hal smacam itu sangat tdk saya setujui :D ).

Sama sperti orang2 pd umumnya, saya pun jg bingung ketika harus brbicara tntang kematian saya. Well, saya harap teman2 yg mmbaca tulisan ini tdk menganggap saya sok horor. Ini hanyalah sesuatu yg sangat wajar, temans, sbagaimana kelahiran; sbagaimana kita mnjalani hidup dgn makan, tidur, mandi; sbagaimana kita mnjalani fase2 perkembangan dr anak2, dewasa, tua. Yaa… wajar kok. Justru aneh kalo kita nantinya tdk bs mati. Kita ini manusia lho, bukan malaikat atau makhluk ghaib lainnya.

Ehm, bgitulah. Dulu saya memang takut untuk mmbahas kematian. Skarang pun jg sebenernya, hehe… Hanya saja, mungkin bntuk ketakutan saya berbeda dgn ketakutan yg saya rasakan dulu. Dulu sih ketika awal2 saya “belajar” agama (yg sampe skarang msh berlanjut J), ketika saya msih sulit untuk berkomunikasi dgn wilayah abstrak, saya benar2 mmbayangkan kalau d khidupan akhirat itu nantinya hanya akan ada 2 tempat: surga & neraka. Setelah mati nanti akan ada timbangan raksasa untuk mengukur amalan2 kita (jd kebayang timbangan beras di pasar :D).  Kalau amalan kita bnyak yg baik, kita akan masuk surga. Begitu sbaliknya, kalau amalan kita bnyak yg buruk, kita akan masuk neraka. Apa yg akan diperoleh di surga? Semua kbhagiaan, istana dan taman yg sangat indah, makanan yg sangat lezat, pendamping2 yg cantik (dan tampan), dll, pokoknya yg enak2lah… Trus klo di neraka? Sudah pasti kebalikannya: semua pnderitaan, siksaan dgn api yg menyala2, cambuk, batu, pisau, & sgala perkakas tajam lainnya. Pokoknya semua hal yg akan bikin kita bilang, “Aduh”, “Sakit”, & “Tolong.”

Wew, klo mengingat tntang neraka, pasti bawaanya syereem…. Tp klo mengingat surga, pasti bwaannya syenaang. Jujur nih, apa yg mmbuat saya memutuskan untuk berjilbab dulu? Itu gara2nya saya habis baca tabloid islami yg mengutip hadist yg intinya wanita yg tdk berjilbab (diceritakan kepala2 mereka sperti punuk unta) tdk akan masuk surga, apalagi mncium bau surga. Langsung deh waktu itu, “Mamaa, saya pokoknya SMA mau pake jilbab. Takut masuk neraka, huhu…”

Hehehe….. dulu aspek masuk surga ato neraka, dapat pahala ato dosa, adalah hal2 yg cukup mngontrol saya dlm beribadah & berperilaku. “Pokoknya apa yg ada dlm Al Quran itu yg paling bener lho. Tau gak sih, Islam itu kn agama yg paling smpurna diantara smua agama,” begitu kata orang2 yg saya jumpai di pengajian.  Ehm, saya pun menganut paham yg sm dgn mereka slama bberapa waktu, hingga akhirnya, blaaaarrrrrr…..sperti ada sesuatu yg menghantam kepala saya. Aaaahh…. Gak sakit sih, saya seolah merasa sensasi yg sangat berbeda, sensasi yg tdk bs diungkap dgn apa2. Perasaan yg sangat luas, perasaan yg bhkan saya pun sampe tdk bs merasakan sbenernya saya ini siapa, saya ini ada ato enggak.

Hmm… apa yaa? smacam perasaan menyatu dgn semesta. Seakan smua atribut yg saya miliki sbg manusia tu nggak ada gt lho. Ya, saya pernah mngalami peristiwa ini temans. Entahlah apa penyebabnya, entah ini karunia Tuhan ato pengaruh setan, hehe.. Yg jelas peristiwa itu mmbuat saya memiliki pemikiran yg “berbeda.” Saya yg dulunya cuma angguk2 nurut saja ketika mndapat materi pengajian, skarang jd lbih bs mikir. Gak asal nglakuin apa yg ada dlm Al Quran. Gak asal mengambil apa yg ada di Al Quran sbg prinsip hidup. Dan ketika saya lbh “kritis” thd Al Quran, trnyata perasaan saya jd lbih tenang. Klo dulunya cuma beribadah atas dasar dosa & gak dosa, skarang lbh bs melihat esensi & filosofi.

Ternyata Al Quran itu gak hanya diperuntukkan bg umat Islam saja. Ternyata konsep rahmatan lil alamin a.k.a rahmat (kebaikan) bagi alam semesta itu begitu luas. Ternyata d dunia ini banyak hal yg masih bersifat misteri & akan tetap mnjadi misteri meskipun kita blajar kitab smpe kapanpun. Ternyata Tuhan itu benar2 Maha Istimewa. Aaaahh…. Brbagai “ternyata” itu yg mmbuat hidup saya lbih hidup.

Pun ketika saya mncoba sdikit mengintip pd ajaran agama lain, membanding2kan, eh trnyata (lagi :D) ajaran kita “sama” ya? Pantaslah klo Islam mnyebut kebaikan itu sbagai rahmat bg alam semesta, krn memang pd dasarnya kebaikan itu bersifat universal. Yaa, dan akhirnya saya pun bs berpikir, untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan, kita tdk perlu mengajak dia untuk mengikuti agama kita.  Agama itu sbuah “identitas”, sama sperti ketika kita mnyebut diri kita sbg warga Indonesia, warga Amerika, maupun warga negara lainnya. Nah, d bwah payung identitas tempat kita brdiri itu, kita memiliki sifat dasar kebaikan yg bersumber dr Tuhan. Kebaikan yg  akan mmbuat hati kita mrasa nyaman, bahkan sbelum kita tahu bhwa itu semua diajarkan dlm “agama”. Seperti bayi yg baru lahir trus secara otomatis langsung bs tahu letak payudara ibunya itu lho. Kita pun demikian, kita berada di dunia ini, secara otomatis kita pun merasakan keterkaitan dgn Zat Yg Maha Besar. Meskipun mungkin tdak ada seorang pun yg mengajarkan kita tntang agama, kita akan memiliki insting untuk mencari & dekat dgn Zat tsb. Itulah naluri stiap manusia temans. Maka sbenarnya (atau lbih tepatnya mungkin ya? :D) agama & kitab suci itu semua ajarannya sudah ada dlam hati kita jika kita mau melihat lbih jauh ke dalam, dgn disertai kesadaran penuh.  

Sperti apapun agama & keyakinan yg teman2 anut, saya yakin kita semua “sama”.  Pahami & amalkan ajaran tsb dgn baik. Seandainya teman2 menemui perbedaan dlm perbincangan dgn saya, biarkan tetap mnjadi perbedaan yg indah. Biarkan mnjadi perbedaan yg tdk mnjadi persoalan. Adapun tntang surga & neraka, saya blum tahu sperti apa, krn saya jg blum prnah mati. Hehe.. Pesan saya sih,kalau kita bisa mewujudkan surga d dlam hati kita sekarang, gak usah menunggu kebahagiaan kayak di surga “yg sebenarnya” nanti :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar