Senin, 21 Mei 2012

Kalau Tuhan Bisa Ngomong


Pagi ini saya habis ngobrol dgn teman saya yg sesama “kurang waras” tentang Tuhan. Biasalaah, klo tuh temen lg nginep d kos saya obrolannya pasti gak jauh2 tntang cinta & Tuhan, hoho… Tapi obrolan yg sperti itu bs berjalan lamaa smpe gak ada kesimpulannya shg ksimpulannya hrus “terpaksa” dibuat agr prbincangan yg “tdk normal” tsb tdk mmperparah otak kita :D

Diawali dgn pmbicaraan ngalor ngidul tntang berbagai gosip dr orang2 yg kita kenal, akhirnya pun sampailah pd prbincangan “tdk waras” tsb. “Cinta itu lucu ya? Kira2 kalo Tuhan bisa ngomong k mnusia pasti Dia ngomong gini,’Udahlah kamu tuh cocoknya sama ini, Aku tuh dah tau banget karaktermu. Aku tuh yg mikirin perjodohan kalian dr jaman dulu kala. Ngapain sih kamu sok nggak suka sama dia? Nanti juga kamu pasti bakalan balik ke dia kok’.” “Hoho… Gitu ya? Trus trus, kalo Tuhan yg ngomong sama aku pasti kayak gni, ‘Ima, skarang ini bukan saatnya kamu ketemu jodoh. Nantilah Ma, biarkan dia mmpersiapkan diri dgn baik dulu sblum menemuimu’.”  “Iya, Ma bener banget,” jawab temenku. “Yang Saya urusin aja masih banyak nih. Liat waiting list orang2 yang mau nikah tahun ini. Saya tuh capeekk…  Bentar ya, lagi repot banget nih. Saya tahu kok Ma, kamu pasti kuat dgn ‘ujian’ ini. Sekarang Saya urusin orang2 yg gak kuat & gampang stres soal cinta dulu ya! Kasihan klo mereka gak sgera Saya nikahkan.” Wkakakakkkakkkkkk……. Geblek..geblek….  “Lu pikir Tuhan wedding organizer apa?” 

Ehm, hihihi… asyik jg ya berimajinasi tntang Tuhan. Lalu pikiran kita pun terus berjalan lagi. “Oh iya ya, klo dipikir2 Tuhan kadang2 kasihan jg ya? Coba bayangin, d dunia ini ada brapa manusia? Klo mereka smua menuntut untuk segera dikabulkan doanya, betapa bisingnya telinga Tuhan.” “Ho oh, udah gt mereka gak sabaran lg. Pdahal Tuhan tuh mmpersiapkan segala sesuatunya dgn sangat baik lho. Masih aja diprotes.” “Udahlah manusia, kamu tu jangan sok tahu. Nyuruh2 Saya ngabulin permintaan yg ini lah, yg itu lah. Pdahal Saya kn maunya yg ini dulu. Tuntutan kamu tuh cuma bikin skenario saya rusak. Kamu bisa diem bentar gak sih? Gak tau ya, klo bikin skenario satu orang aja susahnya minta ampun?” “Yuhuu, masih untung ya manusia msih dikasih hidup. Coba kalo aku yg jadi Tuhan, mungkin aku akan bilang gini, ’Aaah…. Dasar manusia cerewet. Sini Saya matiin aja. Bikin Saya kesel. Toh Saya kan masih bisa bikin manusia yg lbih baik dripada kamu’.” 
 
Hahaha…. Tapi Tuhan untungnya gak se-emosian manusia. Tuhan itu waaaahhhh udah pasti super duper sabar sekali very much. Gak kebayang deh gimana susahnya kinerja Tuhan. Kalo saya yg diutus jd asisten Tuhan gak jamin deh usia hidup saya akan panjang. Bentar aja pasti udah klepek-klepek angkat bndera putih, “Tuhan, saya minta di-PHK ajaa, sbelum saya gantung diri nih, huhuhu…”

Tampaknya sesekali berempati pd Tuhan itu perlu jg ya? Coba deh klo stiap manusia bs memahami btapa beratnya kerja Tuhan, pasti mreka gak akan nuntut Tuhan untuk mngabulkan smua keinginan mereka. Nah, mari kita coba sadari lg. Selama ini klo berdoa pd Tuhan lbih bnyak mana porsi kita? Meminta sesuatu? Memohon ampun? Atau memuji kebesaranNya? Hmmph, kyaknya permintaan akan sesuatu msih mnempati prosentase trbesar nih, hoho…  Apa sih yg terbersit saat mngucapkan prmintaan itu? Perasaan kurang puas akan kndisi diri? Iri dgn keberuntungan orang lain? Atau jngan2 krn pemahaman bhwa yg namanya berdoa itu ya harus “Meminta Sesuatu”, minimal minta masuk surga lah. Tp ya munafik bnget lah klo cuma minta surga. “Tuhan kn Maha Pemurah, tmbahin lg kek rejeki saya, rumah baru, jabatan baru, mobil baru, istri baru (uups)”. Itu mngkin doanya para pejabat jman skarang, hehehe… (mana prnah mreka brdoa, ksejahteraan yg baru bg rakyat Indonesia?) 

Saya tahu sih Tuhan itu gak perlu di-empati-in. Sok banget kalo saya tiba2 ngomong gini,”Iya Tuhan. Saya tahu kok. Pasti berat ya mengurus manusia? Pasti rasanya sesak ya di dada? Pengen nangis tapi nggak tahu harus mengadu pada siapa?” (eh..eh.. ini siapa yg berperan jd Tuhan & siapa yg jd manusia? Cukuplah Ima, gaya psikolog humanistik itu jngan diterapkan pd Tuhan. #plaaaakkk, minta ditampar ustadz muda ganteng kaya).

Saya cuman bs brpikir dgn sangat terbatas, mbayangin sgala sikap yg mungkin dilakukan oleh Tuhan, yg gak bs diamati scara langsung oleh manusia. Manusia & Tuhan emang brbeda, tp bukan berarti berbeda seratus persen. Krn manusia itu cptaan Tuhan, pastilah ada unsur2 ke-Tuhan-an yg ada dlm manusia. Yg mmmbedakan mungkin adalah tingkat (kekuatan) dr unsur tsb. Misalnya gni, klo manusia punya sifat penyayang, maka Tuhan punya sifat Maha Penyayang. Klo manusia punya sifat penyabar, maka Tuhan punya sifat Maha Penyabar. Klo manusia punya sifat penggalau, maka Tuhan punya sifat Maha Peng…. bukan bukan, adanya Maha Menemukan (yaa sbut saja mnemukan pasangan jiwa #eeaaa).  Begitulah, Tuhan melengkapi sifat2 yg ada pd manusia. Kira2 klo manusia gampang ngambek pd manusia lainnya, apa Tuhan jg prnah bgitu ya? Hiks… Tuhaan… seandainya saja saya bisa memelukmu, uhuhu…..

Sudah, sudah… berempati pd Tuhan itu bukan kapasitas saya sodara2. Skeras apapun saya blajar konseling bagi Tuhan, tetap tdk akan nyata hasilnya. Hanya mnambah tingkat “keparahan” otak saya. Mungkin yg bs saya lakukan adalah berempati pd diri sndiri. Yup, mngamati kualitas diri. Slama ini apa yg sudah saya lakukan untuk Tuhan? Apa smua kwajiban ibadah sudah terlaksana? Slama ini apa yg sudah saya lakukan kpd manusia lainnya atas nama Tuhan? Apa saya sudah mnunjukkan kpedulian & toleransi yg benar kpd mereka? Slama ini apa yg sudah saya lakukan pd diri sndiri sbg bntuk pnghormatan diri atas ciptaan Tuhan? Apa saya sudah memenuhi hak-hak tubuh saya? Ya, dgn mmpertanyakan kmbali prtanyaan2 tsb, tampaknya saya akan bs mngevaluasi keefektifan hidup saya. 

Kalo kita cermati lbih dalem nih, ketika kita sudah bs berempati dgn diri dgn baik, maka kita akan bisa berkomunikasi dgn Tuhan, dan caranya gak hrus ketemu langsung secara face to face gt (soalnya emang gak bs kali kita mandangin wajah Tuhan, klo wjah orang cakep sih bs #plaak, minta ditampar lg pake duit sejuta). Cukup didengarkan dgn hati, dgn cara yg hati2 pula, disertai dgn kemampuan tinggi untuk mnjaga hati. Hehe…. Ribet amat. Ya emang gt sih, bukan hal yg mustahil bg kita untuk ngobrol dgn Tuhan. Tp ya emang harus ada syarat2nya. Ngobrol sm temen aja harus pake cara, misalnya bikin janji ketemuan, isi pulsa dulu buat telpon2an, cari t4 nongkrong yg pewe, atau dandan yg cantik. Apalagi ngobrol sama Tuhan, hmm… persiapannya hrus luar biasa tuh. Klo dlm Islam ya, harus suci dulu badan, pakaian, & tempat dr kotoran & najis. Saya yakin dlm agama lain pasti jg diajarkan cara2/adab2 “bertemu” Tuhan yg baik. Itu klo mau ngobrol scara “istimewa” lho, klo obrolan yg biasa2 aja sih bisaa.. tinggal ngbrol aja skarang sama Tuhan, yg penting adanya niat kuat bhwa Tuhan akan mnjwab stiap perkataan kita lho yaa! ^^ Yg mmbuat saya amazed, trnyata ajaran bhwa “Tuhan ada dlm diri kita” itu bersifat paralel untuk smua agama. Nih kayak kutipan yg saya temukan:


Many people are familiar with the idea of the 'Christ within'. In Hinduism's premier holy text the Bhagavad Gita we have the 'Krishna within', and the Koran tells us that Allah is 'closer than your jugular vein'. The Buddhist scriptures talk about the Buddha within and correspondingly the Adi Granth, which is the Sikh holy text, describes that 'the one God is all pervading and alone dwells in the Mind'. www.iawwai.com/EveryoneIsGod.htm
(nb: klo gak tau artinya mohon liat kamus aja ya! Soalnya saya jg gak tau artinya, haha..)

Ok deh teman2…. Smoga kita slalu diberi kekuatan dan kemauan untuk ngobrol dgn diri & Tuhan. Smoga stiap perkataan, perasaan, & pikiran kita yg menenangkan benar2 berasal dr Tuhan. All we can do is just pray, because God is the answer of every prayer…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar