Senin, 21 Mei 2012

Tetaplah Tersenyum Meski Hidup Ini Singkat


If I die tomorrow
I'd be all right
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on
…………………………….
Beberapa  hari  yang lalu saya baru saja menyanyikan lagu ini secara duet dgn seorang teman. Yaa, meskipun duetnya cuma di H*ppy P*ppy dan tdk go public sih, hehe…  Tetep aja nih, yg namanya lagu ini tuh slalu “ngena” d hati. Pokoknya kalo ndengerin lagu ini serasa inget Tuhan & kematian scara rock gtu :D.  Tuh kan, tuh kan, kenapa ya ima ini suka skali mmbahas tema horor? Tenang teman2, yg horor tuh cuma film hantu, klo kematian mah gak horor, cuman sdikit “menyeramkan” (sama aja kali neng). Udah ah, pokoknya skarang saya mau cerita dulu ya, ntar klo ada kritik & saran bs disampaikan lewat manajer saya (#sok ngartis & wajib istighfar). 

Ok, back to the topic pd lagunya om2 Dream Theater td. Hmm, yg saya suka dari lagu ini adalah cara mengingat kematian yg indah, yg jauh dr kesan siksa kubur & neraka gt. Pokoknya si om2 Dream Theater tu berusaha mmbuat pndengarnya akrab dgn kematian dulu gt, masalah dosa mah belakangan. Asyik sih. Saya pikir klo kita sering mndengar lagu ini nantinya jd gak takut lg pas ketemu bang Izrail (angel of death mnurut orang Islam). Gak berusaha melarikan diri, kejar2an kayak Tom & Jerry ato kayak polisi & koruptor, hoho… Pasti nih kita masih sering mbayangin klo bang Izrail (pdahal aslinya jenis kelaminnya undefined :D) tuh sosok yg galak, bawa senjata tajam, & berbadan tegap besar. Trus klo udah brhasil tertangkap sama si abang, kita akan dibawa ke tempat  menyeramkan yg jauh dr peradaban & smua kbahagiaan. Kita akan sepi terasing, terisolasi, terpenjara, teraniaya, terkekang, dan ter..ter…. lainnya (tdk trmasuk tersanjung lho ya, klo itu sih judul sinetron terlama sepanjang sejarah :D#abaikan). Huaaa…. “Makanya klo si bang Izrail dateng, klo bisa sih saya tutup pintu aja, saya lari deh pura2 sakit trus berobat ke luar negeri. Biar lepas dari sgala proses pengadilan Tuhan,” ujar seorang koruptor yg tdk mau disebut namanya. Helloo… sayangnya si abang yg satu ini ilmunya lbih canggih dr polisi Indo**sia lhoo #ups. 

Ah ya, itu cuma contoh teman2. Intinya, brdasarkan keyakinan yg saya anut, tdk ada seorang manusia pun di dunia ini yg bs menghindar dr kematian. Pun seandainya tuh orang berniat kabur dgn naik pesawat terbang. Tetep aja kan  bs nabrak gunung Salak (inspired by kisah yg berulang2 ditayangin d TV meski pemirsa sudah mulai bosan). ”Hmm…  mati? Oh, no! Gue kn masih muda? Ngapain ngomongin hal kyak gt? Skarang nih waktunya hedon. Urusan mati biarin dipikirin kakek nenek yg udah pensiun & gak ada kerjaan. Hidup gue masih pnjang bro. Gile aja mikirn mati, merusak pemandangan aja,”ujar seorang aktivis clubbing yg (mengaku) gaul. 

Widdih… pembicaraan jd smakin seruu (skaligus mnakutkan :p). Saya nggak tahu sih mati itu sbenarnya kayak gmn, apakah benar2 mnyeramkan atokah itu tergantung persepsi masing2 orang? Mungkin sbenarnya mati itu biasa aja trus krn byak orang yg mem-blow up isu itu jadinya terkesan mnyeramkan?

Selama ini saya hanya mnerima informasi dr Al Quran sbg kitab agama saya, guru agama saya (baik yg formal maupun tdk formal) serta pmbicara d pengajian2 tntang kehidupan stelah mati. Dan memang, kmatian itu sangat identik dgn “agama”, jarang ya yg mbahas kematian scara sosial, politik, ato pndekatan lainnya gt. Brdasar informasi yg saya peroleh, kematian itu bs bersifat mnyenangkan & tdk menyenangkan. Menyenangkan klau kita punya banyak amal, katanya sih nantinya bs meninggal dgn tenang, pnuh kdamaian, & masuk surga. Tdk mnyenangkan klo kita minim amal, katanya sih nantinya meninggal dgn tersiksa, pnuh pnderitaan, & masuk neraka. Dududu, jd sbenernya bang Izrail itu galak apa kagak ya? Cakep apa kagak ya? (mulai gak fokus).

Saya yg mrupakan manusia yg sangat sangat biasa skali ini tentu aja kurang pngetahuan soal definisi kmatian yg mnyenangkan & tdk mnyenangkan secara tepat. Saya lagi2 lbih suka mnjawab dgn “Biarlah itu mnjadi misteri Tuhan.” Kan saya prnah denger dr orang bijak katanya bgini,“Yg tampak di mata manusia itu bs jd berbeda d mata Tuhan. Mungkin seseorang meninggal dgn cara ‘mengenaskan’, di tengah hujatan manusia lainnya. Tp d mata Tuhan bs aja dia mulia. Penglihatan manusia itu terbatas.” 

Ya ya, makasih ya orang bijak, tlah mmbuat kepala saya brtambah “besar” krn skian persennya bisa saya isi dgn “misteri Tuhan”. Akhirnya skarang saya smpai pd sbuah ksimpulan, kita boleh aja mnerima & meyakini ajaran tntang kematian dr manapun. Boleh jg seandainya kmudian brpikir bhwa hidup itu cuma sekali & singkat shg harus dimanfaatkan dgn baik & diisi dgn amal ibadah yg banyak. Dan boleh2 aja seandainya ada yg brpikiran bgini,”Ah, kata siapa hidup ini cuma skali? Saya toh masih bs reinkarnasi kok. Bagi saya yg penting itu bukan sberapa banyak ibadah kita, yg trpenting itu ya kualitas saya dlm mnjaga hati & pikiran.” Boleh…boleh… bebas kok mmbuat interpretasi apa aja tntang hidup & mati (dlm kerangka brpikir saya :D). 

Hmm.. itulah asyiknya mmbahas sesuatu scara “misteri”, tdk ada batas untuk mnunjuknya sbg benar ato salah. Tp tetep aja sih, mnurut saya dlm hidup itu gak boleh bener2 “blank”, hrus tetep ada yg namanya pedoman: sesuatu yg (kita yakini sbg) benar. Soalnya klo bener2 “liberal” & gak ada batas, takutnya kita malah pusing dgn pikiran yg campur aduk, smua informasi trkumpul jd satu dgn pmahaman yg setengah2, & kita pun akhirnya malah gak memilih pedoman apapun, hidup cuman ngalir & mudah terombang-ambing. Ya itu cuma pndapat saya sih, hoho… 

Yg jelas mngenai kmatian, I have no doubt about it. Bhwa setiap manusia akhirnya akan mati adalah hal yg saya yakini. Bhwa khidupan itu sngat singkat jg hal yg saya yakini (krn memang terasa skali prpindahan waktu dr ketika saya msh imut tiba2 skarang udah sgede ini, mski masih imut jg sih #plaak). Bhwa nantinya saya & teman2 yg mmbaca tulisan ini akan ktemu bang Izrail adalah hal yg saya yakini pula. Mngenai kapan waktunya ketemu abang, itu terserah Tuhan sih. Bisa jg kita barengan, bs aja enggak. Ini saya bukan brmaksud nakut2in lho ya, cuma berusaha mnyampaikan peristiwa yg tlah terbukti knyataannya pd orang2 yg telah mndahului kita. 

Mungkin kita takut mnghadapi mati, mungkin jg tenang. Mungkin kita sedih menghadapi mati, mungkin jg senang. Yah, kita smua bebas mnunjukkan ekspresi kok. Bagaimanapun jg, saya pikir kita perlu mengucapkan terima kasih pd kematian, krn kematianlah yg mmbuat kita smakin bijak, mmbuat kita brpikir tdk hanya untuk khidupan skarang tetapi jg generasi pnerus, mmbuat kita sadar bhwa Tuhan itu ada, mmbuat kita lbih tenang krn mnjadi tergerak untuk belajar agama & kebaikan. Itu sisi2 positif yg bs saya ambil dr “pelajaran” kematian. 

Hoho.. sbenarnya sampe skarang pun saya jg msh ada rasa takut klo bicara tntang kematian, tp saya berusaha untuk tenang, setidaknya dgn mmberikan warna2 positif tntang kmatian d kepala saya. Soalnya klo yg ada cuma rasa takut, saya khawatir malah tdk bebas bergerak, tdk bs tersenyum, & menikmati indahnya pemandangan hidup. Yg ada nanti bibir saya malah tegang & saya tdk bs bersikap ramah ketika mngerjakan ibadah & kebaikan. Kaku skali hidup saya ya klo cuma mikirin saya akan mati kpan ;) 

Makasih ya buat om2 Dream Theater (krn gak apal nama personilnya) yg tlah mmbantu saya brpikir positif tntang kmatian. Juga buat musisi lainnya yg prnah ngingetin saya tntang mati kayak Bimbo, Kla Project, dll. Kematian memang bukan hal simple, kawan! Tp jg bukan hal yg “berat”. Jd, mengemasnya scara “santai” untuk mndorong kita melakukan kebaikan & pemaknaan hidup saya pikir sah2 saja. Then, let’s smile, sing, & shine! Get the extraordinary feeling of life & God! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar