Minggu, 03 Juni 2012

Pemaknaan Hidup itu Melelahkan


Pagi ini saya sedang menikmati udara pagi di kota Jogja, kembali lagi ke realita setelah selama 3 hari kemaren smpat terdampar ke “negeri di atas awan”. Hehe…  yuhuu, kmaren2 saya & teman2 kuliah saya di mapronis 8 UGM “diangkut”trus  “diletakkan” oleh Tuhan ke sebuah  tempat yg scara geografis dingin bukan main, namun scara filosofis hangat mendamaikan. Di  suatu pegunungan brnama Dieng lah kisah kami berjalan. Namun dlam tulisan ini saya tdk akan mmbhas aktivitas retreat maupun rekreasi yg saya lakukan. Klo itu mah ntar aja di buku yg akan saya terbitkan (amieen :p). Di sini saya akan ngoceh sesuka hati aja yaa, capek brpikir yg “berat”2, secara sluruh badan saya masih terasa pegel2. Hehe… ntar trserah teman2 menilai tulisan ini sbagai apa, klo masih dirasa cukup “berat” ya alhamdulilah. Berarti memang saya spesialis kelas berat (looh? Sejak kpan saya jd atlet tinju? :D).

Jadi begini temans, saya cuma mau berbicara tntang “makna hidup”. Aiih aiih, mulai lg nih pnyakit sok filsufnya. Ohoho….  Ya gak papa lah, ini kan pnyakit yg insya Allah direstui oleh mbah Aristoteles, Plato, & Socrates. Hmm, makna hidup itu bg saya adalah sesuatu yg unik. Ya, sesuatu yg sebenarnya tdk bisa mmberikan kita apa2. Tidak bs bikin kenyang, tdk bs bikin IP bagus, tdk bs bikin cantik, tdk bs bikin kaya. Makna hidup itu cukuplah dipandang sbg sesuatu yg “hanya” melegakan. Kalo kita gak punya duit, cukuplah kita bilang “Uang itu bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan. Toh kita masih punya teman2 dan keluarga”. Kalo kita lg merasa jelek (jerawatan, berat bdan brtambah, & gangguan lainnya yg mmbuat wanita rewel), ckuplah kita bilang.”Kecantikan itu tidak penting. Toh akan hilang juga dimakan usia. Yg penting itu cantik dr hati.” Tuh kan, pdahal cuma kata2 kayak gt lho, tp knapa bs bikin lega orang yg mndengarnya ya?

Dan memang, kata2 tntang makna hdup itu mnjdi kata2 yg “keren” diucapkan ketika kita brtemu orang yg sedang mngalami masalah & kita sedang pengen mnjadi smacam “hero” gt bg orang tsb, hehe….  Bentar, bentar… ketika mnghadapi masalah? Emang harus pas tjd masalah ya? Klo pas gak ada apa2 gt, pas kita lg kumpul2 ngafe-ngafe, ngemall-ngemall, ngerumpi-ngerumpi, boleh gak hukumnya mbahas tntang makna hidup? Yaa boleh ajalah. Kn pas kita mnjalankan aktivitas “kesenangan duniawi” itu ceritanya kita jg lg hidup, kan tetep aja ada maknanya.

Hmm…iya ya. Klo bgitu tiap detik itu ada maknanya dong ya? Klo kita lg lembur-lembur ngerjain tugas itu jg ada maknanya? Tapii, ngg… memaknai hidup itu gak wajib kan? Klo gak dilakuin gak dosa kan? Kn klo di Al Quran yg wajib cuma ibadah. Gak ada tulisannya kn klo kita tdk memaknai hidup akan masuk neraka?
Dududu… bagi sebagian orang memaknai hidup itu memang masih mnjadi beban. Ehm, lebih tepatnya krn “pkerjaan” memaknai hidup itu dipandang sbg pkerjaannya orang yg kurang kerjaan. Mbah saya, yakni eyang Socrates, dulu jg sempat dianggap sbg orang kurang waras  krn suka nongkrong di pasar. Mending klo jualan ato beli beras. Lha eyang saya ini kerjaannya cuma nanya ke orang2 di sana tntang apa tujuan hidup hoho..

Mungkin bnyak yg berpendapat bgini, daripada ngomongin pemaknaan yg brsifat absurd bin abstrak itu, marilah kita berlomba-lomba mndapatkan penghasilan. Ato kalo gak ya marilah kita berlomba-lomba melakukan “kebaikan” sesuai ajaran agama kita, jngan cuma omong doang berfilsafat. Hulalaa…. Ya, itu terserah tanggapan masing2 sih. Kalo menganggap pmaknaan hidup itu kurang efektif & efisien ya silakan. Tp saya trmasuk orang yg kurang bersemangat hidup tnpa melakukan pmaknaan.  

Mm.. mungkin yg saya lakukan itu sbenarnya bukan pemaknaan, melainkan pem-mikir-an. “Pemaknaan” itu cuma bahasa yg saya pilih untuk meningkatkan prestise, hoho…  Sudah mnjadi rhasia umum bhwa saya adalah orang yg suka ngantukan everywhere everytime. Entahlah apa pnyebab pastinya. Anemia bukan, kurang tidur jg bukan. Akhir2 ini saya mnyadari bhwa pnyebab ngantukan itu adlah karena saya kurang aware dgn kondisi skitar. Pikiran saya gampang banget terbang ke mana-mana. Orang d depan saya lg ngajak ngobrol, saya malah ngamatin kucing, burung, kerikil, & bnda2 d sekitar saya lainnya. Disamping itu saya kurang bs mengkaitkan apa yg diomongin orang tsb dgn diri saya. Klo omongan tuh orang bagus, ah paling2 cuma idealisme, susah dilakuinnya. Ah, paling2 cuma hal sepele, ngapain sih dibesar2in. Yaa mungkin itu yg dulu brkecamuk dlm kepala saya. 

Sampai akhirnya saya pun mncoba bereksperimen dgn diri saya. Ah, coba ah bayangin gmn ya klo 10 menit lg saya mati? Kira2 dlm 10 menit itu hal-hal menarik apa yg bs saya lihat? Dan stelah 10 menit berlalu, coba lagi tuk mikir: Wah, alhamdulilah trnyata 10 menit ini saya msih hidup. Trus kira2 10 menit lagi saya masih hidup gak ya?..... Begitu seterusnya. Dan trnyata cara ini cukup efektif untuk mmbuat saya “ON” dgn situasi dan kondisi. Krn bs mbayangin bhwa hidup ini ckup singkat, saya jd lbih bs mnghargai setiap hal. Ketika saya mnjumpai orang yg jutek misalnya, saya jd bs (trpaksa) tersenyum padanya seraya brpikir,”Yah, siapa tahu ini terakhir kalinya saya ktemu orang ini. Tersenyum untuk yg terakhir kali gak papalah”.  Dmikian halnya ketika ndengerin orang cerewet nyritain ke-supergalau-annya. “Yah, kuping saya gatel sih. Tp dengerin aja lah, siapa tahu ini terakhir kalinya saya ndengerin cerita ‘seru’ macam bgini.”

Hmm… cara memaknai hidup yg ckup “ekstrim” ya, dgn mengingat kematian. Hoho.. Tp tetep aja yg namanya seorang Ima ini bukan orang beriman dan bertakwa spenuhnya. Klo kondisi jiwa lg bagus ya pemaknaan hidupnya bs keren banget. Tp klo jiwa “human” lg dominan dibandingkan jiwa “angel” yaa gt deh, cuman bisa bilang,”Oh, hidup ini membosankan. Mari kita tidur saja teman2! Lalala…” (anak baik tdk boleh mncontoh hal ini yaa!#need parent’s guide). 

Begitulah.. Saya terus brusaha mencari dan mncari makna. Bukan agar saya dianggap sbg orang bijak sih, bukaan…. Ini semata agar saya punya alasan untuk hidup. Soalnya saya emang gampang loyo sih klo dlm hal semangat. Semangat belajar misalnya, mungkin bg orang2 rajin tdk sulit ya untuk memulai diri mngerjakan & mnyelesaikan tugas. Tp bg seorang Ima, untuk ngumpulin niat ngerjain tugas aja butuh waktu berjam2. Itu baru niat, trus ngerjain tugas yg aslinya cuma btuh waktu beberapa menit, hehe… benar2 tdk maksimal. 

Kadang saya lbih suka duduk2 d depan laptop, ndengerin musik berjam2 smbil berimajinasi k mana2, pikiran pun berkata2, ”Haduuh, apa ya tujuan saya ngerjain tugas. Penting gak ya? Apa yg bisa saya sumbangkan pd ‘semesta’ klo saya ngerjain tugas ini? Apa tugas ini nantinya jg bermanfaat bg perdamaian?” Hahhaa… kebanyakan mikir, pdahal tinggal dikerjain aja kn cpet selese. Trus klo udah capek mikir gt, kadang mlah saya tinggal tidur, baru dkerjain bsok paginya dgn nafas terengah2 krn dikejar deadline.

Sudah… sudaah… cerita tntang kebodohan saya udah ckup ya, saya tdk mau meracuni pikiran para pmbaca lg :D. Yg pngen saya garis bawahi itu bgini temans: Memaknai hidup itu penting. Ini bukan kata2 yg berasal dr saya lho, ini coba saya kutip kata2 dr orang yg keimanannya udah pasti bagus yaa!: “Bertafakur (berpikir) sejenak lebih baik daripada ibadah 1 tahun” (Muhammad SAW). Wiih, keren yaa! Oleh sbab itu luangkan waktu untuk brpikir & memaknai sesuatu ya temans. Tp jngan mencontoh saya yg kbanyakan mikir, hehe… Mikirnya proporsional saja, seperlunya. Soalnya yg namanya pedoman hidup itu klo cuma dijalankan tp nggak pernah dipikirkan kacau jadinya. Saya menyayangkan tindakan saudara2 saya yg (mengaku) seiman tp malah melakukan penyerangan thd orang lain hanya krn paham & idealisme orang tsb berbeda. Hmm…. Mungkin mereka kurang mncintai diri mreka sndiri, kurang meluangkan waktu untuk brpikir, kurang bs mndengarkan hati yg berteriak2 mndengungkan perdamaian. 

Demikian pula ketika kita mngerjakan aktivitas sehari2. Ehm, bisa aja sih klo mau mngisi waktu seharian dgn aktivitas yg padat. Tp amat sangat disayangkan gt klo aktivitas2 tsb jadinya meaningless, yg didapat cuma capek. Jadi berasa kayak robot yang bkerja dgn rajin & patuh. Kita kan ma-nu-si-a, harus pake jg yg namanya H-A-T-I. Sgala yg mnyibukkan kita harus diresapi dgn hati, pun untuk hal2 yg (mungkin) terlihat sepele & gak penting. Pas lg pengen2nya makan roti, buka lemari, eh rotinya jd berwarna item dikerubutin semut. Hayoo mau pilih bereaksi yg mana?: “Dasar semut2 tidak tahu diri! Tuh, skarang nafsu makan saya jd hilang kan gara2 liat kalian yg menjijikkan. Iiih, jeleek… Sini, saya semprot aja kalian biar mati semua.” Atau begini, “Haduh, sbenernya saya lg laper bnget nih. Tp semut2 ini jg mmbutuhkan mkanan. Sini..sini..semutnya saya usir perlahan2 aja deh, habis itu kan rotinya masih bs saya makan. Ooh, betapa indahnya berbagi dgn sesama makhluk Tuhan.” 

Memang memaknai hidup itu susah temans, pun untuk memandang sesuatu secara positif. Saya sudah mmbuktikan berkali2 dan terbukti susah banget krn tingkat “kesadaran” saya rendah. Tp terus saya paksa, paksa, & paksa… Capeek, tp capek yg gak bikin badan pegel2, ini capek yg mmbuat hati jd adem. Itulah sebabnya saya lalu mnyadari mngapa pkerjaan sbg psikolog itu melelahkan. Toh “cuma” ndengerin orang curhat kn? Itu krn psikolog “dituntut” untuk brpikir nonjudgement, syarat utama untuk mnuju pemikiran positif. Dgn berpikir tanpa memihak, kita akan bs melihat sesuatu dr berbagai kacamata & jendela. Mengembalikan kebenaran mutlak hanya pd Tuhan dan mmbiarkan Dia mnjalankan skenario atas kisah hidup manusia yg beraneka rupa. 

Yuk temans, mari kita bersama2 brjuang untuk memaknai hidup. Menguping dr kata2 orang bijak,”Hidup itu fana. Kita gak pernah benar2 berada di dunia. Yg benar2 hidup hanyalah pesan2 Tuhan. Ketika kita hidup hanya untuk mngisi kbutuhan biologis kita, maka kita hidup untuk kekosongan. Namun, ketika kita hidup untuk mnyampaikan pesan2 Tuhan, maka kita hidup untuk keabadian.” 

Demikian coret2an saya hari ini, jika ada kritik & saran sangat diharapkan. Trima kasiih… ^^

Jogja, 29 Mei 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar