Minggu, 02 Desember 2012

Jatuh Cinta itu (seharusnya) Biasa Saja


Kita berdua hanya berpegangan tangan
Tak perlu berpelukan
Kita berdua hanya saling bercerita
Tak perlu memuji

Kita berdua tak pernah ucapkan maaf
Tapi saling mengerti
Kita berdua tak hanya menjalani cinta
Tapi menghidupi



Hahahhaa…… ngopo tho Ma? Kok jadi romantis begini? Itu bukan romantis, teman2…  Itu juga bukan puisi bikinan saya. Itu adalah lirik lagu Efek Rumah Kaca (ERK) yg saya pinjam dengan sengaja :D. Emang mas2 ERK ini kalo bikin lagu agak susah dicerna dgn sekali mendengar, karena lirik2nya beda, perlu pemahaman khusus yg seringkali tingkat tinggi. 

Coba deh pahami lirik lagu di atas dengan seksama. Itu lirik lagu cinta yg cukup biasa kan? Ketika lagu-lagu cinta lainnya menyajikan lirik2 yg melebay, misalnya “Kau adalah darahku, kau adalah jantungku….” atau “Separuh aku dirimu…” atau “Jangan parkir di hatikuu…” maka lirik di atas terkesan biasa2 aja, udah gitu judulnya juga Jatuh Cinta itu Biasa Saja, hoho…

Nah iya kan? Bukannya jatuh cinta itu biasa saja? Hal yg normal dialami oleh setiap manusia? Seharusnya sih demikian. Seharusnyaaa……. Tapi bagi saya….. bagi saya….. Yak, bersiaplah karena pd tulisan ini saya akan curhat keadaan diri saya tentang cinta, ihiiirrr….. 

Bagi saya cinta itu rumit. Makanya status saya di FB dari pertama bikin sampe sekarang gak berubah2,”complicated.” Itu artinya apa ya? Cukup susah untuk mengakui saya single, tapi cukup berat juga kalo mau bilang saya in relationship. Jadi daripada bingung membuat keputusan, ya saya ambil tengah2nya aja, complicated, kesannya misterius gitu. Hoho.. padahal keliatan banget itu ciri2 orang peragu. 

Sebenernya saya malu juga sih bikin tulisan geje beginian. Tapii… hati saya mengatakan bahwa saya harus menuliskannya, untuk me-release-kan urusan saya yg belum selesai. Ya, saya merasa terhambat dgn urusan percintaan. Sekedar cerita aja ya, siapa tahu ntar bisa berbagi pengalaman dgn teman2, yg insya Allah memberikan pencerahan bagi saya.  Dan semoga temen2 juga tidak hanya menganggap saya pamer kegalauan, tapi bisa mengambil pemaknaan atas cerita saya. Bahwa di dunia ini ada lho orang yg memiliki kisah seperti saya, haha…

Kalo ditanya apakah saya pernah jatuh cinta, sebagai manusia yg (mengaku) normal sih saya akan menjawab pernah. Trus kalo pernah nih Ma, bagaimana tindakanmu selanjutnya? Tindakan selanjutnya? Hmm.. sejauh saya berpikir tampaknya tidak pernah ada tindakan selanjutnya. Lha terus?? Yaa gitu deh, mungkin saya terlalu takut atau malu untuk mengakui itu sebagai cinta. Jadii, saya malah berusaha membawa perasaan tersebut ke titik aman. Oke Ima, itu cuma nge-fan. Karena judulnya adalah nge-fan maka tidak perlu ditindaklanjuti. Stay with your feeling. Yak, stay terus, gak usah ke mana-mana. 

Jatuh cinta itu berat Ima. Kamu tahu konsekuensi apa yg harus ditanggung? Kamu harus siap berbagi waktu, berbagi cerita, berbagi kehidupan laah pokoknya. Kamu yakin Ma akan berbagi kehidupan dengan orang lain? Berbagi dengan dirimu saja masih susah, mengenali siapa dirimu saja masih susah.

Oh ya, kalo begitu tidak usah jatuh cinta aja lah. Karena jatuh cinta itu ribet. Hmm, pertama kali saya jatuh cinta tuh kapan yaa? Terlalu susah untuk mengingatnya, karena dari dulu saya cuma mendefinisikannya sbg nge-fan. Sampe SMA yg kata banyak orang adalah masa2 paling indah pun juga demikian. 

Satu lagi ketakutan saya adalah….. saya takut untuk dicintai orang.  Whaat?? Bukannya enak ya Ma? Ke mana-mana ada yg nganterin, ke mana-mana bisa berduaan, ada yg nelponin setiap hari? Ngg… bagaimana yaa? Mungkin sejak dulu saya tidak pernah menyadari kalo ternyata saya takut mendapat perhatian lebih dari seseorang. Ketika merasa ada orang yg tampaknya melakukan “something” buat saya, saya malah mikir. “Ngg, gak salah orang nih? Serius dia ngasih perhatian ke aku? Apa istimewanya aku ya? Kalo aja dia udah bener2 kenal aku, pasti dia akan lari karena ternyata aku nggak sesuai dgn yg diharapkan.” #perludipukulpalubiardistorsinyahilang

Hingga pada suatu hari teman baik saya pun mengingatkan saya,”Ima, cinta itu akan datang pada orang2 yg siap menerimanya. Kalau sampe sekarang kamu masih membentengi dirimu, mana mungkin cinta akan datang padamu? Mungkin sekarang kamu masih berpikir bahwa cinta itu bukan prioritas dalam hidupmu. Jadi kamu masih bisa menikmati aktivitasmu yg lain.” 

OMG, saya pun tersadar. Jadi selama ini saya masih membentengi diri sendiri yaa?  Haaah, berarti apa yg pernah dikatakan temen2 saya dulu benar, “Ima, hatimu itu sudah berfungsi, tapi otakmu juga tidak mau kalah. Jadinya mereka kejar2an deh. Ketika kamu merasakan sesuatu, otakmu dgn cepat ikutan merespon.”

Kemudian pada suatu ketika pernah terjadi percakapan agak aneh antara saya dgn teman saya. “Dalam  menjalani cinta kita emang nggak boleh terlalu logis. Malah lebih tepat kalo dibilang kita mau lho berbuat sedikit “bodoh” untuk menikmati cinta. Gak setiap hal harus ada alasannya. Kayak aku ini lho. Tau nggak, pernah lho pada suatu hari aku nangis sendirian tanpa sebab. Setelah aku pikir2 eeh itu tandanya aku lagi kangen sama dia. Padahal dalam hati tuh udah teriak2, iih ngapain sih aku nangis? Bodoh banget? Tapi setelah aku menyadari, ya inilah yg disebut cinta.”

Tindakan bodoh? Saya serasa mendapat insight. “Tau nggak sih aku pernah merasa bodoh itu ketika apa? Ketika tanganku ini bergerak-gerak sendiri di atas keyboard, eeh.. gak disangka2 udah sampe aja ke FB-nya dia, twitter-nya diaa…. Sumpaah, itu bodoh bangeet…. Tapi itu adalah hal yg sering aku lakukan, hahaha.”

Eeeh.. kalo dipikir2 berarti saya sudah pernah juga ya melakukan tindakan bodoh. Berarti itu tandanyaaa…. Haduuh, gimana ya? Ehm, ehm, ehm. Andaai saja di PPDGJ ada penjelasan, untuk mendiagnosis sebagai cinta itu dibutuhkan onset berapa lama? Trus kriterianya apa? Pasti saya akan lebih yakin kalo bilang itu sebagai cinta. Masalahnyaa, saya pun tidak yakin dgn perasaan saya sendiri.  

Saya cuma sering ngobrol panjang dgn teman2, sekedar membahas,”Kok bisa ya orang2 yg udah menjalin hubungan itu bisa saling membaca ‘simbol.’ Kalo aku salah membaca lambang gimana? Kalo dia anggep aku biasa aja, padahal aku udah merasa deg-degan nggak karuan cuma karena dia ngliatin aku gimana?" “Eh..eh… tapi kalo dipikir2 tampaknya ada yg aneh dgn perbincangan kita. Aku merasa udah pernah membahas pertanyaan kayak gini jaman SMA deh. Kenapa sekarang terlontar lagi? Ini bukan hal yg seharusnya dibahas oleh mahasiswa S2 lho. Jadi dgn demikian ini menandakan bahwa kita……. Yak, benar mengalami regresi! Huhuu…”

Nah, itu kegalauan saya teman2. Udah tahu kalo cinta itu (seharusnya) biasa saja, cukup diakui dan dirasakan dgn hati, eeh malah masih mikirin diagnosis yg tepat. Haduuuh, kepala…kepalaa….. masih belum rela ya saya bersikap sebagai manusia “biasa”? Kamu pengen saya terlihat “pintar”? itu salah kalii, semua udah ada porsinya. Kalo mikir jurnal yg mumet2 tuh pake kepala, tapi kalo mikir cinta ya jangan pake kepala dong.

Menjadi “bodoh” itu kadang menyenangkan yaa.. Seperti kesimpulan ngaco yg pernah dibikin saya dan teman saya. “Jatuh cinta itu bodoh. Berarti orang yang mau menjalin cinta ya bodoh. Orang yang mau menikah apalagi, itu bodooh bangeet. Hahaha….”  Berarti di dunia ini banyak orang bodoh doong? Iya kali, banyak orang yg mau merelakan diri untuk menjadi “bodoh”, tapi ini bukan tindakan kriminal kok. Jadi nggak papa dilakuin. “Membodohkan diri” untuk menerima cinta, perhatian, pengalaman yg baru bersama orang lain. Hmm…. Itu kereenn…. 

Nah, sekarang kembali lagi ke kamu Ma. Kamu udah siap jatuh cinta belum? Ziinngg…. Siap gak ya? Siap gak yaa? Ohoho… kelamaan mikirnya Ma, keburu tua. Hmm, kalo dibilang siap sih belum seratus persen, tapi kalo dibilang belum hmmm, saya sudah bisa bertindak sedikit “bodoh” lho, berarti itu menunjukkan kesiapan kan, meski cuma sedikit persen? (hoho, berbangga diri). 

Oke begitulah teman2, sedikit kegalauan saya. Semoga bisa memberi hiburan yaa! Meski kesannya aneh & gak mutu. Mari kita berproses bersama untuk mewujudkan cinta yg indaaah & diberkati semesta, yeeeii…^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar