Rabu, 19 Desember 2012

Like What Universe Says...


Hmm, pagi yang indah. Apa aktivitas teman2 hari ini? Saya sih memilih untuk agak bermalas-malasan ya hari ini, hehe… Alhamdulilah kemaren dapat tidur nyenyak tanpa beban, setelah 2 hari sbelumnya tidur kayak diteror: tidur, kebangun, bengong kayak orang bingung, lalu tiba2 teriak,”Aaaah… HPP……” (dlm hati doang sih teriaknya :p), lalu mencoba duduk di depan laptop, “Huks, apa2an ini?”, males, liat kasur, tidur lagi, kebangun lagi, bengong lagi, teriak lagi, tidur lagi…… Begitulah simtom2 F51.4 (night terrors) yg barusan saya alami. 

Okaay, sekarang saya sudah cerah ceria lagi, yeeei… Laporan belum selesai sih, tp sudah bisa bernafas lebih lapang & legaa…! Yuuk teman2, di pagi yg cerah secerah wajah saya ini kita berimajinasi bersama^^. Kita resapi dalam-dalam ya keberadaan kita di dunia ini. Yaps, kita sekarang adalah manusia. Manusia yg sangat bebas sebenarnya….yg bisa terbang ke sana ke mari seperti burung, atau seperti kupu2.

Kita bebas ngelakuin apapun. Mau belajar terus, melototin buku sampe botak juga boleh…..Mau dandan terus, melototin cermin sampe cerminnya pecah juga boleh….Mau nonton film terus, melototin layar laptop/bioskop sampe matanya pedes juga boleh…… Mau makan terus, sampe perut membengkak juga boleh….. Hoho. Jadi kalo dipikir-pikir, hidup itu emang pilihan ya temans. Di dunia ini banyak pilihan aktivitas, semuanya menarik sih, semuanya penuh dengan konsekuensi. Ibaratnya sih ketika kita hidup di dunia ini kayak kita pas jalan-jalan ke mall. Di sekeliling kita banyak tawaran barang2 yg menggoda. Ada barang dengan diskon besar2an tapi dengan kualitas yg biasa2 aja ato di bawah standar. Ada barang dengan harga “wah” dengan kualitas yg sebenarnya biasa2 juga, tp karena brand-nya udah memiliki nama maka “dianggap” luar biasa. Ada barang yg brand-nya bagus, kualitas biasa aja, tp harganya muraah sehingga orang2 yg mendapatkannya merasa beruntung (hoho padahal itu barang asli lho tiruannya). 

Nah, silakan memilih, mau beli barang yg mana. Kalo gak mau milih barang juga gak papa sih, bengong aja, duit aman. Tapi gak asyiknya, kita nggak bisa ngerasain tantangan. Hidup kita biasa aja, cuma ngeliatin orang beraktivitas ke sana ke mari, cuma jadi penonton sejati. Yaa, itu gak papa sih, gak papa… Dunia nggak akan hancur kok kalo kita diem aja, tapi dunianya yg bosan ngliatin kita. “Aah, ni orang nggak keren amat sih? Aku tuh udah diciptain dgn sangat bagus lho. Tuhan aja bikinnya pake mikir panjang, pake begadang tuh Dia (OMG, sejak kapan Tuhan pernah tidur? ;p #komentar pembaca). Setiap detailnya udah dirancang dengan sangat halus dan canggih. Eh..eh….. kamu sbg manusia malah nggak ada respek, bengong aja. Manusia kayak kamu tuh harusnya dilempar aja ke luar angkasa, wiiingggg.” Demikian curhat dunia pada saya, ohoho…. (kalo dunia yg curhat, tarif konsultasinya kira2 berapa ya?)

Yak, bener itu Dunny (panggilan cantik buat dunia), saya pun sependapat denganmu. Dunia itu warna-warni. Kalo manusia nggak pernah ikut ambil bagian ya hidupnya nggak berasa banget. Lahir, hidup, eh tiba2 udah waktunya mati aja. Menyedihkan kan?? Oh ya, selain Dunny, saya punya temen satu lagi, namanya Semmy. Sini Semmy, sini..sini….. Perkenalkan diri kamu pada pembaca. “Haaii…. Kenalin nama lengkap saya Semesta. Mbak Ima, yg bikin tulisan ini, suka banget manggil saya dengan sebutan Semmy. Ih aneh ya, mbak Ima ituu. Dia suka ngasih nama2 sendiri buat benda2 ciptaan Tuhan. Suka ngomong2 sendiri juga. Iiih aneh banget, beneran, sarap tu orang.” 

Wooooiiiii…. Apa2an ituu!!!! Hentikan, siapa yg bilang kalo saya sarap????? *bawa celurit, malah berantem sendiri sama tokoh2 ciptaan saya, wkwkwkkwkkk… cut, cut, adegan pertama ditutup dgn kekacauan.

Yak teman2, sudah cukup ya imajinasi gejenya. Sekarang kita lakukan imajinasi yg agak bermakna. Oke deh, saya ngaku. Saya emang suka nyebut semesta dgn panggilan sayang, Semmy. Ihihii… Di mata saya, Semmy itu lebih luas dari dunia. Kalo dunia sih saya mendefinisikan sebagai hal-hal yg bersifat fisik & bisa dirasain dengan indra ya. Kalo Semmy, saya sih mendefinisikan sebagai hal-hal yg meliputi dunia dan “di atasnya”. Jadi nggak cuma yg bisa dilihat secara fisik. Ada hal-hal mengaggumkan lainnya yang hanya bisa dilihat dengan kepekaan hati. Sebagai contoh, energi yg terpancar dari makhluk hidup, baik energi positif maupun negatif. Teman-teman juga mungkin bisa “melihat”nya. Kadang kerasa kan ya, kalo ada orang yg mau bermaksud nggak baik sama kita meskipun orang itu nggak ngomong. 

Trus contoh lainnya pada “pesan2” yg dibawa oleh makhluk. Nenek moyang kita jago banget membaca pesan2 kayak gini. Sebagai contoh, kalo ada segerombolan burung terbang ke arah tertentu, itu tandanya mau musim hujan. Kalo ada ayam berkokok malem2, itu tandanya “ada yg lewat”, yg tentunya bukan dari golongan manusia biasa (iih, pagi2 ngomongin syerem). Kalo kata orang Jawa sih, kalo ada ayam berkokok malem2 gitu malah artinya ada tetangga sekitar yg hamil (iih ayam2 pada genit ya? Tau aja gosip yg beredar di masyarakat :p). 

Saya sih juga nggak jago baca pesan2 yg ingin disampaikan alam. Saya cuma bisanya berimajinasi sendiri. Misalnya kalo lagi hujan deres gitu tuh, saya suka diem ngliatin air yang berjatuhan. “Hai hujan..makasih ya, hati saya yg bete tadi udah lebih sejuk sekarang. Makasih… Kamu tau banget kalo aku lagi butuh pelukan kesejukan.” Ato kalo pagi2 ngliatin mentari yg barusan terbit (karena kamar kos saya terletak di lantai 3), itu tuh cantiik banget. Keliatan kuning merona diantara langit nan putih, persis kayak telor ceplok. Saya jadi sering laper kalo pagi2 ngliatin itu, hehe…. Saya kan orangnya gampang cemas tuh gampang takut. Ketika saya mulai ngerasa hati saya nggak beres, saya coba tuh ketemu si telor ceplok. Biasanya sih sambil njemur baju, habis tu ngliatin dia,”Heei, cantik! Aku lagi galau nih. Bantuin aku dong, minta energi positifnya. Energi darimu kan hangat banget, bikin orang yg ngerasainnya nyaman. Aku juga pengen kayak gitu, bisa bikin orang2 yg di sekitarku nyaman. Huhu…meskipun aku merasa apa yg aku lakukan sering nggak mutu, sering bikin orang sebel. Tapi hari ini aku memperbaiki diri. Mau jadi kayak kamu yg menebar pesona kehangatan.” Hehehe… begitulah dialog pagiku dgn si telor ceplok. Habis ngomong kayak gitu hati terasa lebih hangat juga. Rasanya lebih siap menghadapi hari yg penuh ujian & cobaan.

Masih banyak sih pesan2 dari bang Semmy yg bisa temen2 baca. Setiap orang pastinya punya cara tersendiri untuk berdialog dgn Semmy. Mmmm, mungkin bagi yg tidak terbiasa hal ini masih tampak aneh yaa? Kalo saya kan orangnya introvert tuh. Saya agak susah untuk cerita langsung masalah saya pada sembarang orang. Kalo saya lagi berada di suatu kondisi yg tidak memungkinkan untuk curhat pada orang tertentu, akhirnya saya memilih curhat pada Semmy. Emang sih saya nggak mendapat feedback langsung. Semmy nggak ngasih solusi secara operasional seperti yg bisa disampein temen2 saya. Tapi bagi saya, ketenangan yg diberikan oleh Semmy itu justru merupakan solusi. Dari keheningan, saya pun jadi lebih tahu siapa sebenarnya saya, apa yg saya inginkan, apa yg akan saya lakukan jika keinginan saya tidak tercapai. 

Bagi saya Semmy itu temen yg baik, demikian pula dgn Dunny, demikian pula dgn teman2 nyata saya lainnya. Kalo kata Mbk Sherina pas masih kecil dulu sih, “Lihat segalanya lebih dekat, dan kau akan mengerti.” Setiap hal, baik yg menyenangkan maupun menyedihkan, sebenarnya “hanya” butuh untuk dilihat lebih dekat. Ketika senang, kita akan sangat mudah untuk tertawa. Ketika sedih, kita akan sangat mudah menangis. Tawa dan tangis itu hanya akan menjadi tamu yg sekedar lewat kalo kita tidak bisa “memaksanya” untuk tinggal sejenak dan membiarkan kita untuk memaknainya terlebih dahulu. Hari ini tertawa, besok menangis, dan……ya sudah, hanya sebatas itu, tidak ada yg berbekas. 

Saya cuma gak pengen nanti si Dunny protes lagi,”Ooh, jadi cuma kayak gitu yg bisa dilakuin manusia? Ketawa2, nangis, trus habis itu mati? Ya sudah, itu pilihan manusia sih kalo mau jadi bego. Kepala dan hatinya emang sengaja di-off-in kali ya? Nggak pernah ngrasain kalo Tuhan nyiptain tangis dan tawa tuh cuma sebagai “alat”, biar mereka tahu kalo Tuhan tuh emang bener2 ada. Kan nggak lucu kalo Tuhan nunjukin wujudNya secara langsung di depan manusia. Dia tuh pinter, sbg Zat yg pinter Dia pasti punya cara yg elegan donk buat dikenal manusia.”

Gituu deeh temen2 ^^. Saya sebenarnya nggak ada niat aneh2 dgn membuat tulisan ini. Saya cuma pengen ngasih hiburan kok. Tapi bukan sekedar hiburan, harapannya sih hiburan yg bisa menambah kekuatan jiwa. Yak, di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yg kuat. Jadi mari kita berolahraga :D. Kenapa penutupnya jadi geje lagi begini… Ehehe, terserahlah gimana anggapan pembaca. Berolahraga ya boleeh, berjalan-jalan, tengok kanan kiri, sambil mendengarkan apa kata semesta. Itu pekerjaan yg sangat menyenangkan. Selamat mencobaa!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar